FUNGSI PERMINTAAN DAN PERGESERAN KURVA PERMINTAAN

By On Wednesday, December 4th, 2013 Categories : Ekonomi

DEMAND CURVE SHIFT IN / PERGESERAN KURVA PERMINTAAN adalah pergeseran KURVA PERMINTAAN (DEMAND CURVE) dari satu posisi ke posisi lainnya (ke kiri atau ke kanan) sebagai akibat perubahan ekonomi di luar perubahan harga. Suatu kurva permintaan selalu digambarkan dengan asumsi CETERIS PARIBUS, di mana semua faktor lain yang mempengaruhi permintaan (pendapatan, selera, dan sebagainya) konstan. Jika salah satu dari faktor ini berubah, harga I kurva permintaan Kurva permintaan. Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang diinginkan untuk dibeli pada tingkat harga tertentu. Permintaan efektif selalu didasari oleh kemampuan untuk membeli, dan bukan hanya berdasarkan keinginan atau kebutuhan. Ciri-ciri kurva permintaan berkemiringan ke bawah dari kiri ke kanan, yang menggambarkan apabila harga turun, maka semakin banyak barang yang diminta (sepanjang kurva permintaan). Jadi, jika harga turun dari OPi ke OP2, jumlah yang diminta akan meningkat dari OQ1 ke OQ2 akan mengakibatkan pergeseran kurva permintaan. Sebagi contoh, jika pendapatan meningkat, kurva permintaan akan bergeser ke kanan, sehingga jumlah yang diminta pada setiap harga semakin bertambah dari yang sebelumnya. Lihat DEMAND FUNCTION, INCOME-ELASTICITY OF DEMAND.
DEMAND FUNCTION / FUNGSI PERMINTAAN adalah suatu bentuk notasi yang menghubungkan VARIABEL TIDAK BEBAS (terikat), yaitu jumlah yang diminta (Qd), dengan VARIABEL BEBAS yang menentukan jumlah yang diminta seperti harga (P), pendapatan (Y), harga barang substitusi (Ps), periklanan (A), dan sebagainya.
Qd = f (P, Y, Ps, A, dan sebagainya)
// Perubahan salah satu dari variabel bebas ini akan mempengaruhi jumlah yag diminta, dan apabila kita ingin menyelidiki pengaruh tertentu dari salah satu variabel terhadap jumlah yang diminta, maka kita dapat (secara konsep) menetapkan bahwa pengaruh variabel-variabel lain adalah konstan, sementara kita menitikberatkan penyelidikan pada variabel bebas yang satu tersebut. Lihat DEMAND CURVE, DEMAND CURVE (SHIFTS IN).

FUNGSI PERMINTAAN DAN PERGESERAN KURVA PERMINTAAN | ok-review | 4.5