FUNGSI DAN ARTI KEMUDI

By On Thursday, April 17th, 2014 Categories : Review

FUNGSI DAN ARTI KEMUDI  – Suatu alat yang berfungsi mengendalikan arah berjalannya suatu kendaraan. Kemudi terdapat pada hampir semua kendaraan bermotor atau tidak bermotor, termasuk pesawat terbang, mobil, kapal laut, truk, sepeda, dan sepeda motor. Kereta apian semua kendaraan yang berjalan di atas rel merupakan kendaraan yang tidak membutuhkan kemudi karena arah oerjalannya ditentukan oleh relnya.
Kemudi pesawat terbang, yang berfungsi mengu­bah-ubah arah penerbangan, terdapat di bagian ekor vertikalnya. Pilot mengubah-ubah arah kemudi de­ngan cara menginjak salah satu dari dua pedal kaki di dalam kokpit, bergantung pada arah yang dike­hendaki. Pilot menginjak pedal sebelah kanan untuk memutar kemudi ke arah kanan sehingga pesawat membelok ke kanan. Dan ia menginjak pedal sebelah kiri untuk memutarnya ke kiri.
Pada kendaraan bermotor (mobil, truk, dsb) roda dua dan roda empat, seluruh pengendaliannya sangat bergantung pada arah roda depan karena sistem kemu­dinya berhubungan dengan roda depan. Saat ini sudah berkembang sistem kemudi empat roda, artinya roda belakang juga dapat berubah arah untuk menentukan gerakan kendaraan.
Bagian terpenting dari mekanisme kemudi mobil adalah gigi yang berfungsi memindah gerakan dan ro­da kemudi ke batang kemudi {drag link atau steering rod). Ada beberapa macam jenis gigi dan semua gigi tersebut ditempatkan dalam rumah bebas debu dan berp tar di dalam minyak pelumas.
Pengemudi mengendalikan arah kendaraan melalui setir kemudi yang berhubungan dengan batang kemu­di. Ujung bawah batang kemudi dapat menggerakkan roda gigi kemudi. Putaran roda-roda gigi ini menggerakkan poros yang dapat memutar roda depan ke kiri atau ke kanan. Untuk memudahkan dan meringan­kan gerakan, saat ini banyak mobil yang dilengkapi dengan alat pengemudian bertenaga (power steering), yakni perangkat mesin yang menggerakkan sistem hi- draulis untuk membantu mengendalikan roda. Power steering menambah kekuatan putar kemudi melalui sistem hidraulis, sehingga untuk memutar kemudi ha­nya dibutuhkan kekuatan yang sangat kecil. Ketika batang kemudi diputar, tenaga dari mesin hidraulis membantu mengendalikan kemudi roda.
Sistem kemudi sepeda dan sepeda motor sangat se­derhana karena langsung berhubungan dengan roda depan yang mengendalikan arah gerakannya. Batang kemudi yang sekaligus berfungsi sebagai pegangan tangan berhubungan dengan garpu dan peredam kejut roda depan. Bila digerakkan ke kiri, roda depan juga bergerak ke kiri. Dan bila digerakkan ke kanan, roda juga bergerak ke kanan.
Sistem kemudi kapal laut mirip dengan pesawat terbang. Kemudinya berupa lempengan datar dari ka­yu atau logam yang mengendalikan arah kapal. Ke­mudi ini berada di bagian belakang buritan dan dapat diputar seperti pintu. Kemudi ini berhubungan dengan roda kemudi yang berada di anjungan kapal. Ketika juru mudi di anjungan memutar roda kemudi ke ka­nan, kemudi bergerak ke kanan dan menyebabkan bu­ritan berayun ke kiri sehingga haluan bergerak ke kanan. Demikian pula sebaliknya.

FUNGSI DAN ARTI KEMUDI | ok-review | 4.5