ELEMENT KUALITAS AUDITING ASEAN

By On Thursday, October 31st, 2013 Categories : Ekonomi

Menurut Favere-Marchesi (2000) terdapat beberapa elemen yang mempengaruhi kualitas auditing. Elemen- elemen tersebut adalah: (1) persyaratan profisiensi, (2) pendidikan dan pengalaman, (3) pendidikan profesionalisme berlanjut, (4) penelaahan kualitas, (5) pengawasan, (6) pelaporan audit, (7) independensi, dan (8) kewajiban auditor formal.
Profesiensi
Persyaratan yang diatur oleh hukum nasional dan regulasi negara-negara ASEAN dan digunakan untuk mengevaluasi keahlian dan kompetensi auditor. Oieh karena itu, di kedua negara tersebut pengujian CPA digunakan sebagai alat pembeda oleh badan profesional dan bukan sebagai standar pengkualifikasian profesi. Hampir semua negara ASEAN mempunyai persyaratan yang beralasan yang dapat dipertanggungjawabkan untuk mengkualifikasikan auditor. Sebaliknya Philipina tidak memiliki persyaratan tersebut dan Thailand memiliki persyaratan yang rendah dan tidak wajar
Penelaahan kualitas
Kantor akuntan Big Five di ASEAN biasanya melakukan penelaahan kualitas internal. Indonesia dan Malaysia mengharuskan penelaahan kuaiitas internal. Selain itu, Indonesia mengharuskan penelaahan kualitas yang diatur badan regulasi, dan hanya Singapura yang mewajibkan penelaahan sejawat (peer).
Pengawasan
Komite audit mempertimbangkan alat penilaian untuk meningkatkan kualitas audit. Komite itu mempertimbangkan pergantian auditor ekternal dan kinerja audit. Hanya Malaysia dan Singapura memerlukan audit committee untuk perusahaan publik.

ELEMENT KUALITAS AUDITING ASEAN | ok-review | 4.5