CARA MEMELIHARA IGUANA

By On Monday, March 24th, 2014 Categories : Review

CARA MEMELIHARA IGUANA. Suatu jenis binatang melata yang ber­kerabat dekat dengan bangsa bunglon, namun ukuran jauh lebih besar. Panjang tubuhnya sampai 2 me­ter lebih. Kepalanya kecil. Biasanya ekornya lebih pan­jang daripada kepala dan badannya. Tubuhnya be­sar. Iguana mempunyai pelebaran kulit yang meng­gantung, mirip kipas, memanjang dari bawah dagu sampai pangkal leher, dengan tepi terhias semacam duri. Di sepanjang tengkuk dan punggungnya terda­pat semacam jambul menyerupai duri-duri. Pada bagian belakang dahinya terdapat tonjolan serupa gumba. Pada yang jantan tonjolan ini mencapai tinggi lebih dari 8 sentimeter.
Iguana banyak terdapat di Amerika Selatan, di hu­tan sekitar Meksiko sampai Brasil Tengah. Di Indo­nesia dapat dijumpai hewan mirip iguana, yaitu bung­lon sisir (Gonyocephalus dilophus). Meskipun se­karang sudah amat langka, karena jumlahnya jarang dan terbatas, bunglon sisir masih bisa ditemukan di kepulauan Maluku dan Irian Jaya.
Iguana sering terdapat di sepanjang tepian sungai, cabang-cabang pohon, atau di tajuk yang tinggi sam­pai batas penetrasi cahaya matahari setinggi 20 meter di atas tanah. Hewan ini terkenal sebagai ahli meman­jat dan mempunyai kebiasaan menjatuhkan diri dari cabang pohon yang tinggi, sehingga menimbulkan suara keras. Apabila diganggu, iguana dapat melom­pat ke bawah dari ketinggian sekitar 6 meter. Iguana pandai berenang dan menyelam. Binatang ini sering dijumpai melompat dari cabang pohon ke cabang po­hon dan akhirnya terjun ke dalam air dengan menim­bulkan suara ceburan keras.
Iguana dewasa termasuk binatang herbivora, ka­rena makanannya berupa dedaunan, polong biji, dll. Namun kadang- kadang hewan ini memangsa binatang ecil yang dijumpainya. Pertumbuhan dan perkem­bangbiakannya cepat. Telur-telurnya yang berjumlah sekitar 30 butir biasa ditimbun di dalam tanah dan akan menetas setelah kurang lebih dua bulan.
Iguana sebenarnya merupakan binatang penakut. Cambukan ekornya yang panjang dan kuat merupa­kan alat untuk mempertahankan diri dari serangan musuh. Daging dan telur iguana disukai orang di se­luruh Amerika Tropis karena rasanya lezat. Oleh ka­rena itu, iguana sering diburu orang.
Selain iguana yang disebut di atas, secara umum dikenal juga beberapa jenis iguana lain, di antaranya iguana cula dan iguana laut.
Klasifikasi Ilmiah. Iguana termasuk suku Iguanidae; je­nis Iguana iguana. Iguana cula Cyclura cornuta, dan iguana laut Amblyrhynchus cristatus.

CARA MEMELIHARA IGUANA | ok-review | 4.5