CARA KERJA KAPAL KERUK

By On Friday, April 11th, 2014 Categories : Review, Teknologi

CARA KERJA KAPAL KERUK – Suatu jenis kapal yang memiliki peralatan pengeruk lumpur, pasir, batuan, dan endap­an-endapan di dasar perairan. Fungsi utamanya mem­bersihkan dan memperdalam sungai untuk angkutan air. Kapal keruk juga digunakan untuk memperdalam dasar pelabuhan agar kapal-kapal besar dapat merapat ke dermaga. Pengerukan menghilangkan timbunan lumpur dan pasir. Setelah kapal keruk diapungkan di atas tempat yang akan diperdalam, posisinya dipertahankan de­ngan tonggak-tonggak berat {spud), yang diturunkan melalui ruangan terbuka di dalam kapal dan dipan­cang di dasar sungai atau laut. Spud umumnya terdiri atas tiga tonggak, dua dipasang di ujung dan satu di bagian belakang kapal. Spud, yang dapat menjangkau sejauh 21 meter, terbuat dari kayu yang berpe­nampang 102 sentimeter persegi atau berupa sebuah pipa yang berat. Spud harus dapat menembus dasar sungai yang keras dengan berbagai macam kondisi dasar sungai. Bila dasar sangat lunak, sehingga spud tidak efektif, kapal keruk dipertahankan pada posisi­nya hanya dengan jangkar dan tali.
Setelah menggali seluruh endapan yang dapat dijangkaunya, spud dinaikkan, dan dengan ditarik tongkang, kapal keruk bergerak maju 1,5 sampai 3 meter ke posisi berikutnya. Dapat juga orang memin­dahkan kapal dengan menempatkan jangkar dan me- nancapkannya di sebelah depan, lalu menarik talinya sehingga kapal bergerak maju.
Kapal keruk yang beroperasi di laut memiliki lam­bung seperti pada kapal yang digunakan untuk pela­yaran samudera. Kapal keruk berbaling-baling sendiri ini dilengkapi perlengkapan untuk pengerukan secara hidraulis, pembongkaran material yang dikeruknya ke dalam penampung, dan pengirim ke tempat pem­buangan. Material dasar laut dinaikkan dengan pompa keruk melalui lengan pengisap. Ujung teratas lengan pengisap dihubungkan dengan kapal keruk dan ba­gian paling bawah berhubungan dengan dasar laut. Lengan pengisap dinaikturunkan sesuai kebutuhan dengan derek atau katrol.
Beroperasinya kapal keruk lautan bergerak meng­ikuti lengan penarik yang bergerak perlahan-lahan ke muka, mendahului kapal keruk, seperti kapal laut yang memiliki mesin sendiri. Kadang-kadang kapal ini beroperasi dalam posisi tidak bergerak ketika pe­ngerukan berlangsung. Sementara pemompaan ber­lanjut terus, partikel-partikel padat bahan galian yang tersedot ditampung di dalam gerobak penyimpan, sedangkan airnya dibuang kembali keluar kapal. Bila gerobak-gerobaknya sudah penuh, lengan pengisap dinaikkan, dan kapal keruk melaju menuju tempat pembuangan untuk mengosongkan gerobaknya.
Sebelum ditemukan peralatan mekanik, penge­rukan terusan dan kanal dilakukan dengan menyem­pitkan aliran sungai sehingga arusnya cukup kuat un­tuk membawa serta endapan dan menggerus terusan. Dapat juga, terutama di Eropa, dibuat kolam pasang – surut yang akan terisi air pada saat pasang naik. Air ditahan di dalamnya. Pada saat surut, air di dalam ko­lam dilepaskan agar alirannya dapat menggerus terus­an. Metode pengerukan ini sudah dilakukan oleh bangsa Cina dan bangsa Siria padafjaman dulu.
Sekitar tahun 1600-an, Belanda-mengembangkan “penggilingan lumpur Amsterdam” yrang seluruhnya terbuat dari kayu. Alat ini memiliki tdngkang dengan selokan condong atau palung* di tengah-tengahnya. Pasir berjalan ke atas lewat sebuah papan yang berge­rak di atas rantai tak berujung yang digerakkan de­ngan suatu sistem putaran. Lima kuda, dua menarik dan tiga beristirahat, digunakan sebagai penyuplai te­naga. Penggilingan lumpur ini hanya dapat digunakan dalam air tenang, dan dapat menggali hingga keda- laman 3 sampai 4,5 meter. Kemampuannya yang dapat memindah 400 ton tanah liat sehari merupakan suatu prestasi yang hebat untuk kapal keruk berke. kuatan dua tenaga kuda.
Kapal keruk bertenaga uap pertama kali dibuat pa. da tahun 1796 dan digunakan di pelabuhan Sunder, land, Inggris. Seorang warga negara Amerika, Oliver Evans, pada tahun 1805 berhasil membuat kapal keruk bertenaga uap yang dilengkapi rantai dan ember. Kapal keruk yang berkembang saat ini sebagian besar bermesin uap dan diesel. Kapal keruk terbesar di Amerika Serikat diberi nama Essayons, yang diambil dari motto Korps Zeni Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, tempatnya beroperasi. Kapal keruk ini mam­pu menampung 6.270 meter kubik bahan galian di dalam gerobaknya. Kapal keruk terbesar di dunia adalah Zulia, milik Venezuela. Kapasitas gerobaknya 7.650 meter kubik material.

CARA KERJA KAPAL KERUK | ok-review | 4.5