CARA BUDIDAYA JAMBU BIJI

By On Friday, April 4th, 2014 Categories : Ilmu Alam

CARA BUDIDAYA JAMBU BIJI – Suatu jenis tanaman buah-buahan be­rupa perdu atau pohon yang tingginya mencapai 10 meter. Batangnya berwarna cokelat muda, licin, dan terkelupas. Daunnya terletak berpasangan, berbentuk bulat panjang atau memanjang, bertangkai pendek, dan permukaan bawahnya ditumbuhi bulu-bulu ha­lus. I inganya putih, tunggal atau pun berkelompok dengi*a 1—3 bunga, dan terletak di ketiak daun. Buah­nya kuning dan berbentuk bulat, pir, atau telur ter­balik. Warna daging buahnya putih kekuningan atau merah muda. Bagian ini mengandung vitamin A dan C yang tinggi, serta sedikit zat penyamak. Daunnya juga mengandung zat penyamak sampai sebanyak 9 persen. Bijinya, jika ada, keras dan banyak.
Jambu biji berasal dari Amerika tropis. Meskipun banyak yang ditanam sebagai pohon buah-buahan, masih ada yang ditemukan tumbuh liar pada daerah berketinggian 1—1.200 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini dikelompokkan sebagai pohon yang ber­buah sepanjang tahun. Perbanyakannya dengan oku­lasi, cangkokan, dan tunas akar.
Berdasarkan data dari Survai Pertanian Produksi Buah-buahan di Jawa 1986 yang dikeluarkan Biro Pu­sat Statistik, jumlah produksi total jambu biji 1.225.373 kuintal. Produksi total ini mencakup DKI Jakarta 17.119 kuintal, Jawa Barat 607.201 kuintal, Jawa Tengah 405.594 kuintal, D.I. Yogyakarta 31.130 kuintal, dan Jawa Timur 164.329 kuintal.
Jambu Biji merupakan varietas yang mempunyai banyak biji, karena itu sering disebut jambu kelutuk, jambu siki, jambu batu, dll. Daging buahnya tipis na­mun rasanya enak.
Jambu Susu berbentuk seperti buah peer. Ukuran­nya lebih besar, bijinya lebih sedikit, dan rasanya ku­rang enak dibandingkan jambu biji.
Jambu Sukun merupakan jambu biji tanpa biji. Tumbuhnya secara partenokarpi. Diperbanyaknya dengan cangkokkan atau setek akar. Jika tumbuhnya dekat jambu biji biasa, jambu sukun akan kembali berbiji. Keadaan ini dikarenakan biji sukun telah terbuahi jambu biji. Jambu bangkok, berukuran besar dan berbiji sedikit. Umumnya rasanya lebih hambar dibandingkan jambu biji dan jambu susu. Namun se­telah diadakan pemuliaan dari jambu susu, rasanya menjadi asam-asam manis.

CARA BUDIDAYA JAMBU BIJI | ok-review | 4.5