CARA BUDIDAYA JAMBU AIR

By On Friday, April 4th, 2014 Categories : Ilmu Alam

CARA BUDIDAYA JAMBU AIR – Suatu jenis pohon buah yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini tumbuh di semua jenis tanah dataran rendah. Di Indonesia, pohon buah ini sudah lama dibudidayakan. Perbanyakannya de­ngan cangkokan, setek, okulasi, sambungan, dan pe­nyusuan. Dalam setahun jambu air berbuah dua kali, kecuali jambu air mawar hanya sekali. Buah jambu air dimakan sebagai buah segar atau rujak.
Berdasarkan Survai Pertanian Produksi Buah- buahan di Jawa, yang dikeluarkan Biro Pusat Statis­tik, jumlah produksi total jambu air 580.922 kuintal. Produksi total ini mencakup DKI Jakarta 18.522 kuin­tal, Jawa Barat 297.009 kuintal, Jawa Tengah 103.669 kuintal, D.I. Yogyakarta 12.786, dan Jawa Timur 148.936 kuintal.
Ada beberapa jenis jambu air, di antaranya jambu air biasa, jambu semarang, dan jambu mawar.
Jambu Air Biasa diduga aslinya dari Asia Teng. gara. Perawakannya berupa pohon yang tingginya 3—6 meter. Tajuknya rindang. Bentuk daunnya bu­lat telur atau memanjang. Bunganya berwa: n a putih putih kuning, putih kehijauan, atau putih kemerahan’ Buahnya berbentuk genta, besarnya sekitar kepalan anak. Daging buahnya mengandung banyak air. War­na buahnya putih kehijauan atau merah jambu meng­kilat. Rasanya sangat bervariasi, namun umumnya asam. Setiap buah berbiji 1—2 dengan bentuk bulat atau agak bulat. Contoh jambu jenis ini adalah jambu neem, jambu kancing, dan jambu rujak.
Jambu Air Semarang diperkirakan berasal dari Jawa, kemudian tersebar ke Burma, Malesia (seme­nanjung dan kepulauan pada paparan Sunda), sam­pai Papua Niugini dan Kepulauan Solomon. Pera­wakannya berupa pohon kecil sampai sedang dengan tajuk mirip jambu air biasa. Daunnya berbentuk bu­lat memanjang. Bunganya putih. Umumnya, bentuk buahnya sama dengan jambu air biasa. Kulit buah­nya tampak seperti dilapisi lilin dan berwarna hijau muda kemerahan, kehijauan, putih atau merah. Da­ging buahnya tidak mengandung banyak air dan rasa­nya manis. Bijinya mirip biji jambu air biasa. Con­toh jambu semarang adalah jambu semarang putih, jambu semarang putih (prada), jambu cincaio, jambu gondrong, dan jambu madura.
Jambu Air Mawar diperkirakan berasal dari ka­wasan Indo-Malaysia. Tinggi pohon ini sampai 15 me­ter. Daunnya sempit, berbentuk lanset, tebal, dan li­cin. Daun mudanya berwarna merah mengkilat, ber­ubah hijau pucat, kemudian hijau tua. Bunganya pu­tih atau putih agak krem dan berbau harum. Buah­nya bulat kecil berwarna kuning pucat atau kehijau­an dengan kulit licin dan agak keras. Daging buah­nya putih, mengandung banyak air, serta berbau khas mirip mawar. Bijinya yang cokelat berjumlah satu atau dua.
Beberapa bagian pohon jambu air mawar diman­faatkan juga sebagai obat tradisional. Sebagai con­toh, tumbukan daunnya dipakai sebagai obat cacar, sedangkan bijinya untuk obat diare, disentri, dan ra­dang selaput lendir.

CARA BUDIDAYA JAMBU AIR | ok-review | 4.5