CARA BETERNAK BURUNG JALAK

By On Thursday, April 3rd, 2014 Categories : Ilmu Alam

CARA BETERNAK BURUNG JALAK – Termasuk jenis burung penyanyi. Burung ini mempunyai panjang tubuh total sekitar 25 senti­meter. Sikapnya tegak. Bulunya halus dan umumnya mengkilap. Paruhnya yang ramping dan runcing ber­warna kuning, demikian pula kakinya. Penampilan jantan dan betinanya mirip. Matanya terletak di pang­kal paruh. Kulit sekitar matanya yang tidak berbulu berwarna merah. Bulu pipinya putih dan panjang. Bulu kepala dan tenggorokannya hitam, panjang, dan runcing. Bulu punggung dan ekornya cokelat. Pada bulu sayapnya yang berwarna cokelat tergores garis putih.
Burung jalak berkembang biak dengan bertelur tiga butir. Warna telurnya mirip telur bebek. Burung ini membuat sarang pada pohon palem atau pohon ke­lapa. Sarangnya terbuat dari batang padi dan rerum­putan kering.
Pakan burung jalak berupa buah-buahan, biji-biji­an, serangga (misalnya caplak, kutu, dan belalang), serta hewan-hewan tidak bertulang belakang, seperti cacing. Burung ini mempunyai hubungan mutualisme dengan kerbau; jalak memakan kutu dan caplak yang mengganggu kerbau.
Burung jalak sering dijumpai di daerah terbuka pada dataran-dataran rendah.

CARA BETERNAK BURUNG JALAK | ok-review | 4.5