CARA BERTANAN JAMBU BOL

By On Friday, April 4th, 2014 Categories : Ilmu Alam

CARA BERTANAN JAMBU BOL – Suatu jenis pohon buah-buahan be­rupa pohon dengan tinggi sampai 15 meter. Bentuk daunnya elips sampai lanset dan berwarna hijau meng­kilat. Karangan bunganya terletak pada ranting yang tidak berdaun. Warna bunganya merah menyala. Buahnya berwarna merah tua, atau berberkas merah. Bentuk buahnya buni sampai bundar. Warna daging buahnya putih. Rasanya manis dan sedikit asam. Biji­nya tunggal dan besar. Buah jambu bol bisa dimakan sebagai buah meja, sedangkan yang muda biasa di­buat rujak.
Jambu bol merupakan tanaman asli Indonesia. Se­lain dibudidayakan di pinggir kolam atau di atas tang­gul, tanaman ini masih ditemukan tumbuh liar di hu­tan tropis dataran rendah sampai ketinggian 1.000 me­ter di atas permukaan laut. Perbanyakannya dilaku­kan dengan biji atau cangkokan.
Berdasarkan data dari Survai Pertanian Produksi Buah-buahan di Jawa tahun 1986 yang dikeluarkan Biro Pusat Statistik, jumlah produksi total jambu bol 74.037 kuintal. Produksi total ini mencakup DKI Ja­karta 44 kuintal, Jawa Barat 51.546 kuintal, Jawa Te­ngah 14.946 kuintal, D.I. Yogyakarta 236 kuintal, dan Jawa Timur 7.265 kuintal.

CARA BERTANAN JAMBU BOL | ok-review | 4.5