CARA BERTANAM KACANG KAPRI

By On Sunday, April 13th, 2014 Categories : Ilmu Alam

CARA BERTANAM KACANG KAPRI – Suatu jenis tanaman merambat 1 yang digolongkan sebagai tanaman sayuran buah. Sa­yuran ini biasanya dimasak sop, sambal goreng, cap capcay, pelengkap bistik, atau dilalap. Kacang kapri mengandung banyak vitamin C, B, dan A. Selain itu, kandungan protein pada bijinya juga tinggi. Ada dua jenis kacang kapri, yakni kapri yang mempunyai po­long pipih dengan ujung berkait untuk memegang; dan ercis yang polongnya menyambung serta tidak mempunyai kaitan di ujungnya. Kapri biasanya dipe­tik selagi polong masih muda, untuk dimanfaatkan se­bagai sayuran, terdiri atas dua jenis, yaitu kapri ungu yang mempunyai buah berwarna ungu dan kapri putih yang buahnya hijau pucat. Ercis hijau dan kapri po­long termasuk ercis. Buah ercis hijau yang mengan­dung banyak serat hanya diambil bijinya untuk digoreng; sedangkan kapri polong yang tidak me­ngandung banyak serat dimakan sebagai sayuran.
Kacang kapri diperbanyak dengan biji. Benihnya, yang bulat, berwarna cokelat kehitaman, dan agak ke­riput, dapat langsung ditanam tanpa disemai terlebih dahulu. Kacang kapri biasa ditanam di sawah, tegal- an, dan kebun yang tanahnya mengandung lempung dan pasir dengan drainase yang baik. Tanaman ini tumbuh baik pada dataran tinggi lebih dari 700 meter di atas permukaan laut, seperti Lembang dan Cipanas. Selain itu, tanaman budi daya ini tidak menyukai uda­ra yang terlalu lembap. Karena itu tanaman ini biasa ditanam pada awal musim kemarau.
Tanaman kacang kapri termasuk jenis tanaman yang tahan terhadap penyakit. Musuh alami utamanya adalah ulat buah. Ulat yang menyerang biji kapri ini dibasmi dengan insektisida.

CARA BERTANAM KACANG KAPRI | ok-review | 4.5