CARA BERTANAM JAHE

By On Tuesday, April 1st, 2014 Categories : Ilmu Alam

CARA BERTANAM JAHE – Tumbuhan rempah, obat, atau asiri yang be­rupa terna berimpang. Tumbuhan ini mudah dikenal dari aroma daun maupun rimpangnya yang khas. Per­bungaannya muncul di atas permukaan tanah, ter­susun dalam bentuk kerucut yang diselubungi oleh daun pelindung bunga yang saling bertautan menye­rupai sisik. Bunganya mekar menjelang sore hari. Warna rimpangnya bervariasi, sehingga dikenal be­berapa kultivar seperti jahe putih, jahe merah, dan jahe kuning.
Jahe Putih sebagian mempunyai ukuran rimpang besar dan lainnya kecil. Rimpangnya berwarna putih kotor. Pada yang berukuran besar, yang dikenal de­ngan nama jahe badak, rimpang tadi tidak berserat dan pada umumnya dimanfaatkan untuk membuat berbagai manisan, dan minuman dengan kandungan minyak asirinya 0,82—1,68 persen. Pada yang ber­ukuran kecil, rimpangnya berserat dan biasanya di­gunakan untuk bumbu dan mengandung minyak asiri sebesar 1,5—3,3 persen.
Jahe Merah, dikenal pula dengan nama jahe pa­hit, mempunyai warna rimpang merah atau merah keabu-abuan. Umumnya jahe ini berukuran kecil dan mengandung 2,58—2,72 persen minyak asiri. Jahe me­rah digunakan untuk berbagai macam obat, sedang­kan di Jawa untuk obat penawar bisa ular.
Jahe Kuning mempunyai rimpang yang berwarna kuning cerah. Ukuran rimpangnya bervariasi dan mempunyai kandungan minyak asiri sebesar 1,5—3,3 persen, serta sering dikenal dengan nama jahe emprit. Umumnya digunakan untuk obat.

CARA BERTANAM JAHE | ok-review | 4.5