BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN BAYI KEMBAR

By On Wednesday, April 16th, 2014 Categories : Kesehatan

BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN BAYI KEMBAR – Atau anak kembar, kelahiran dua anak sekaligus dari seorang ibu. Anak kembar dapat bera­sal dari dua zigot hasil pembuahan dua telur oleh dua sperma, atau dari hasil pembuahan satu telur oleh satu sperma, yang kemudian – pada stadium dua sel atau lebih besar – terbelah menjadi dua. Kedua hasil pem­belahan itu berkembang menjadi dua embrio.
Kembar yang berasal dari dua telur disebut kembar dizigot. Anak kembar ini secara genetika sama seperti dua anak kakak-beradik hasil perkawinan sepasang suami istri. Kembar yang berasal dari satu telur dise­but kembar monozigot. Secara genetika, kembar mo- nozigot ini identik, sehingga disebut juga kembar identik. Di masyarakat, kembar monozigot kira-kira 1 dari setiap 100 kelahiran, sedangkan kembar dizigot kira-kira 1 dari setiap 50 kelahiran.
Penentuan apakah sepasang kembar merupakan kembar monozigot atau dizigot dilakukan berdasar­kan sifat genetika kedua anggota pasangan kembar tersebut. Jika ditemukan satu perbedaan saja, kembar tersebut merupakan kembar dizigot. Sifat yang sering dipakai untuk penentuan ialah kelamin, golongan da­rah, jenis protein plasma, kesamaan antigen, polimorfisme kromosom, sifat biokimia, warna mata, si­dik jari, bentuk gigi, hidung, telinga, dan berbagai si­fat fisiologi lain. Pada waktu kelahiran, bentuk plasenta juga dapat dipakai untuk membedakan kem­bar monozigot dari kembar dizigot. Jika ditemukan korion tunggal, pastilah kembar tersebut monozigot, karena kembar dizigot tidak mungkin mempunyai korion tunggal.
Dalam genetika penelitian persamaan dan perbedaan (diskordansi) suatu sifat pada pa­sangan kembar penting untuk mengetahui apakah suatu sifat mempunyai komponen genetika yang be­sar atau kecil. Sifat yang lebih banyak ditemukan pa­da kembar monozigot merupakan sifat yang mempunyai komponen genetika besar.

BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN BAYI KEMBAR | ok-review | 4.5