ARTIKULASI DALAM PROSES KREATIF SASTRA

By On Thursday, February 6th, 2014 Categories : Psikologi

Contoh lain dari proses artikulasi diri dan objek adalah penciptaan metafora sentral dalam sebuah puisi oleh James Merrill berjudul , ” 18 West 11th Street . ” Judul terdiri dari alamat jalan sebuah rumah bata di Greenwich Village bahwa Merrill tinggal di sebagai seorang anak . Rumah ini jauh kemudian selama masa dewasa nya sengaja diledakkan oleh kelompok revolusioner yang disebut ” Weather Underground ” selama proyek pembuatan bom di ruang bawah tanah .
Metafora sentral dalam puisi itu , ” A dalang / Disimpan lagu di atas perapian. ” Dalam proses panjang penciptaan metafora ini , Merrill membuat perubahan akhir dari sebuah frase dirumuskan segera terdahulu yang berkaitan dengan cermin , ” A dunia mental yang terus melacak di atas perapian , ” dan dalam wawancara penelitian terstruktur setengah dilansir Rothenberg , dijelaskan perubahan verbatim sebagai berikut : Yah, aku hanya berpikir itu [ dalang ] adalah lebih baik daripada ” dunia ” dan mental yang terhubung jelas dengan penyabot ”” [ tema dalam puisi itu ] . Maksudku satu membayangkan di balik setiap cerita ada pikiran . Dan untuk membuatnya cermin ! Saya kira dari kata ” jiwa ” itu tidak begitu jauh untuk sampai ke pikiran ” . ” Tapi tampaknya bagi saya itu sudah ada di jalan, embrio dalam kalimat aslinya . Tapi dalam cara yang dikaburkan oleh godaan sajak – mental dan mantel .
” dalang ” cermin di puisi itu memungkinkan melewati dalam imajinasi dari kedua gambar masa kanak-kanak penyair dan dunia dari Weather Underground . Versi pertama dari metafora yang berisi apa yang disebut awal embrio ” ” dari formulasi akhir adalah sebagai berikut : ” Saya berlari menuju Magic room / lanjut . Kusen dan ambang pintu daun bekas luka / Tilt murah hati ke depan . ” Tidak ada referensi untuk perapian tetapi gagasan dunia lain yang disarankan oleh konstruksi awal Merrill kalimat , ” ruang magic lanjut . ”
Untuk membuat metafora yang digunakan dalam puisi itu , Merrill mempekerjakan proses artikulasi bersamaan menyatukan dan memisahkan . Dia membuat lebih dari 25 versi yang berbeda dari garis-garis ini . Masing-masing versi ini melibatkan berbagai tingkat interaksi dan artikulasi antara diri dan objek . Langkah terakhir terdiri berfokus pada off berirama pasangan ” jiwa ” dan ” mantel . ” Memisahkan ide pikiran , dan sekaligus membawa bersama-sama dengan gagasan lain dalam puisi itu , gagasan penyabot ” , ‘ ‘ ia diartikulasikan kata ” dalang ” ke dalam metafora dan ke dalam puisi . Atas dasar bukti dari pekerjaan sebelumnya dan analisis berikutnya draft naskah dan acara , dilakukan dengan penyair dirinya dalam wawancara penelitian semiterstruktur , proses berikut terjadi . Dalam prekursor awal metafora ini , ” Jamb dan ambang pintu dari bekas luka daun / Tilt murah hati ke depan , ” Merrill telah dirujuk ke dekorasi Natal dan mewakili adegan sebagai pengaturan Natal di ruang tamu . Dia kemudian dalam beberapa versi melanjutkan ide itu dan membawanya bersama-sama dengan gagasan ruang yang ideal tercermin dalam cermin – ide yang berasal dari Natal ingin hidup sampai diri ideal. Selanjutnya, ia dikandung dari ide cermin ” condong ke depan seperti ibu pemimpin sebuah , ” di mana ia dipisahkan aspek lain dari diri , ibunya diinternalisasi , dan terhubung dia – ibu pemimpin – dengan ide awal dari dekorasi murah hati miring . Ide ini dilanjutkan melalui versi lain . Kemudian , ia ditumpangkan bersama kata-kata ” ambang pintu ” ( ” dari kusen dan ambang ” ) dan ” ” mantel (dari ” ma ” di ibu pemimpin ) , sehingga formulasi , ” ambang The gleams / keajaiban dunia di atas perapian. ” Setelah 15 variasi lebih mewakili artikulasi terus-menerus diri dan obyek , ia merumuskan , ” A dalang terus melacak di atas perapian . ”
Melalui membawa ini seiring bersama-sama dan memisahkan diri dan objek , penyair ini menghasilkan sebuah metafora yang bergabung dengan aspek ide ruang keajaiban masa kecilnya dengan ide penyabot organisasi Weather Underground . Juga , dalam tahap akhir , ia telah dipisahkan konsonan awal dari kata-kata off – berirama ” jiwa ” dan ” ” mantel dan menghubungkan mereka ke dalam kesamaan suara lain yang efektif : aliterasi dan asonansi dari ” mantel ‘ dikombinasikan dan

ARTIKULASI DALAM PROSES KREATIF SASTRA | ok-review | 4.5