ARTI PERDAGANGAN BEBAS DAN EKONOMI PASAR BEBAS

By On Thursday, December 12th, 2013 Categories : Ekonomi

FREE MARKET ECONOMY / EKONOMI PASAR BEBAS adalah lihat PRIVATE ENTERPRISE ECONOMY. free port [pelabuhan bebas] lihat FREE TRADE ZONE.
FREE RIDER / PENUMPANG GRATIS adalah seorang KONSUMEN (CONSUMER) yang dengan / sengaja menilai rendah keinginannya akan suatu BARANG KOLEKTIF (COLLECTIVE PRODUCT) dengan harapan ia dapat mengkonsumsi barang tersebut tanpa harus membayar seluruh harga ekonomis dari barang tersebut. Sebagai contoh, apabila sekelompok rumah tangga menginginkan memperbaiki jalan mereka, seseorang dari anggota rumah tangga tersebut mungkin dengan sengaja menilai rendah perbaikan jalan tersebut, di mana rumah tangga lainnya akan membayar perbaikan jalan tersebut, sehingga dia menikmati keuntungan dengan diperbaikinya jalan tersebut tanpa membayar. Lihat CLUB PRINCIPLE.
FREE TRADE / PERDAGANGAN BEBAS adalah PERDAGANGAN INTERNASIONAL (INTERNATIONAL TRADE) tanpa adanya hambatan seperti TARIF (TARIFFS), KUOTA (QUOTA) dan PENGENDALIAN VALUTA ASING (FOREIGNEXCHANGE CONTROLS), sehingga merupakan suatu lalu lintas barang dan jasa secara bebas antarnegara. Tujuan dari perdagangan bebas adalah untuk menjamin keuntungan dari adanya SPESIALISASI (SPECIALIZATION) internasional. Perdagangan bebas sebagai suatu tujuan kebijakan dari masyarakat internasional secara umum perkembangannya telah dibantu oleh Perjanjian Umum tentang Tarif dan Perdagangan (General Agreement on Tariffs and Trade (GATT)), dan dengan pendirian kawasan-kawasan perdagangan bebas yang lebih terbatas, penyatuan bea dan pasar bersama. Lihat GANIS FROM TRADE. EUROPEAN COMMUNITY, EUROPEAN FREE TRADE AREA ASSOCIATION, TRADE INTEGRATION.

ARTI PERDAGANGAN BEBAS DAN EKONOMI PASAR BEBAS | ok-review | 4.5