ARTI KINETIKA KIMIA

By On Friday, April 18th, 2014 Categories : Review

ARTI KINETIKA KIMIA – Suatu cabang kimia fisika yang mempelajari laju dan mekanisme reaksi kimia. Bersa­ma-sama dengan termodinamika, kinetika kimia dise­but dinamika kimia.
Persamaan reaksi kimia menunjukkan stoikiome- tri, yaitu susunan zat dan perbandingan kuantitas zat- zat dalam mengambil bagian dalam reaksi kimia itu. Belum tentu persamaan itu mencerminkan mekan­isme, yakni rincian bagaimana reaksi itu berjalan. Sebagai contoh reaksi antara hidrogen dan empat ma­cam halogen mempunyai persamaan reaksi yang sangat mirip, namun urutan proses nyata yang ber­langsung dalam reaktor sangat berlainan.
H2 + Cl2 —> 2 HC1 (M ialah molekul ketiga atau dinding wadah yang hanya menampung kelebihan energi dan tidak ikut bereaksi). Reaksi fluor mirip klor, tetapi lebih hebat; reaksi brom lebih rumit. 1
Untuk reaksi elementer banyaknya molekul yang mengambil bagian dalam reaksi, seperti ditunjukkan oleh jumlah koefisien dalam persamaan reaksinya, menyatakan molekularitas reaksi; misalnya monomolekul, bimolekul, termolekul, dsb. Umumnya reaksi elementer adalah bimolekul; kebolehjadian reaksi ter­molekul sangat kecil.
Laju reaksi adalah berkurangnya konsentrasi pere­aksi atau bertambahnya konsentrasi hasil reaksi. Umumnya laju reaksi bergantung pada konsentrasi pereaksi, dan kadang pada konsentrasi hasil reaksi maupun konsentrasi zat lain yang tidak muncul dalam persamaan reaksi tetapi ada di dalam sistem itu. Ke- fungsian ini disebut hukum laju untuk reaksi itu. Ben­tuk hukum ini dapat sederhana, dapat pula sangat rumit. Bila bentuk hukum itu adalah
laju = k. c n
dengan c ialah konsentrasi pereaksi, maka n disebut derajat reaksi. Hanya untuk reaksi elementer saja de­rajat reaksi berpadanan dengan molekularitas reaksi tersebut.

ARTI KINETIKA KIMIA | ok-review | 4.5