ARTI KEMURGI

By On Thursday, April 17th, 2014 Categories : Kesehatan

ARTI KEMURGI – Suatu cabang ilmu kimia terapan yang mengembangkan produk dan penggunaan lebih baru dari hasil pertanian. Misalnya, kapas yang dulu lang­sung dipintal, kini diolah dulu sehingga misalnya menjadi tahan api. Jagung, gandum, dan padi yang biasa langsung dimasak dan dimakan, dapat diolah menjadi tepung yang berprotein tinggi (untuk mem­buat misalnya daging buatan), sementara kelebihan karbohidratnya yang harus disingkirkan diolah men­jadi perekat, dan lain-lain.
Hasil pertanian umumnya digunakan langsung un­tuk pangan dan sandang manusia, serta pakan hewan, tetapi sekarang makin banyak bahan baku industri dan obat yang berasal dari olahan hasil pertanian. Penisi­lin dan banyak antibiotika lain diekstrak dari biakan mikroorganisme yang medianya berasal dari hasil pertanian. Dari pati dapat diperoleh dekstran yang di­gunakan untuk mengembangkan plasma darah. Dari tembakau dapat diperoleh rutin, obat yang mencegah perdarahan dengan memperkuat pembuluh kapiler Kapas dapat diolah agar lebih ulet untuk perban.
Di samping untuk perekat, berbagai pati dapat dio­lah menjadi busa uretan, perekat pemersatu, aditif pemboran, dan bahan untuk mematangkan gelatin ser­ta mengolah tekstil. Gula dapat diolah menjadi asam (glukonat, ketoglukonat, dan sakarat) yang dimanfa­atkan sebagai detergen, komponen obat, obat hewan dan untuk mengetsa aluminium. Berbagai bahan pe­ngental dan pemantap diperoleh dari peragian gula pati. Ampas tebu dan berbagai serat buangan atau mu- rahan dapat diolah menjadi kertas, papan isolasi mau­pun papan kedap suara.
Salah satu masalah pangan, yakni pembusukan, da­hulu diatasi deingan berbagai cara pengawetan tradi­sional. Sekarang cara itu ditambah dengan teknik dehidrasi (bubuk telur, susu bubuk), dan pembekuan (sari buah yang dikentalkan). Industri telah dapat menghasilkan berbagai makanan khusus (misalnya yang berkalori rendah, yang bebas lemak, yang ber­protein tinggi).
Pakan ternak yang tepat telah dapat dihasilkan oleh kemurgi berdasarkan hasil riset mengenai kebutuhan vitamin, mikronutrien, dan faktor-faktor pertum­buhan. Cara tradisional, yang dapat merusakkan gizi pakan (misalnya penjemuran langsung), telah diganti dengan proses industri yang lebih baik.

ARTI KEMURGI | ok-review | 4.5