ARTI KEMPAS

By On Thursday, April 17th, 2014 Categories : Ilmu Alam

ARTI KEMPAS – Suatu jenis tumbuhan kerabat tualang yang tersebar Himalaya sampai Australia Utara. Di Indonesia, daerah penyebarannya meliputi Aceh, Su­matra Utara, Sumatra Barat, Riau, Palembang, Jambi, Bangka, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan. Pada umumnya, tumbuhan yang sering dikenal pula dengan nama cenggris, menggris, atau kayu raja ini tumbuh di daerah rawa gambut, karena itu tumbuhan ini dapat dipakai sebagai indikator sifat habitat yang ditumbuhinya.
Pohon kempas termasuk pohon raksasa dengan tinggi 60 meter dan garis tengah batang,0,8 – 1,5 me­ter. Batangnya lurus, bulat, tanpa benjol-benjol de­ngan akar papan lebar, kuat, dan berkembang baik. Kayunya termasuk kayu berat dengan bobot jenis 0,7 – 1,0. Kayunya sangat keras (kelas kuat I – D), namun tidak awet (kelas awet III). Karena itu, kayu ini sangat sulit digergaji, namun mudah lapuk. Warna kayu gu­balnya kelabu, sedangkan kayu terasnya merah kecokelat-cokelatan.
Kempas mempunyai beberapa manfaat dalam bi­dang obat-obatan tradisional. Sebagai contoh, air re­busan kulit batang dan daunnya sering dipergunakan seb gai obat sakit perut, sedangkan air rebusan akar­nya dipakai sebagai obat penyegar bagi ibu-ibu yang baru melahirkan.

ARTI KEMPAS | ok-review | 4.5