ARTI KEMENYAN

By On Thursday, April 17th, 2014 Categories : Antropologi

ARTI KEMENYAN – Termasuk tumbuhan penghasil getah resin yang banyak dipakai sebagai bahan pembuat du­pa. Kemenyan memiliki beberapa nama lain, antara lain benzoin, benzoe, benzoin gum, benzoin Sumatra, benyamin gum, dan labah jawi. Kemenyan Sumatra mengandung lebanol dalam bentuk ester, sebagian be­sar asam sinamat dengan sedikit benzoat, dan suatu alkohol yang mirip siaresinol. Selain itu, getah ini ju­ga mengandung benzaldehida, vanilin, fenilpropil si­namat, dan stirena; ester sinamat 10 persen dan asam sinamat bebas 7 persen. Kemenyan Sumatra juga me­ngandung 75 – 85 persen bagian yang larut dalam al­kohol dan abu 5 persen.
Tinggi pohon kemenyan 8-34 meter. Kadang-ka­dang batangnya berbanir kecil. Pepagannya berwarna merah anggur dan sedikit mengelupas. Kayunya ber­warna putih mempunyai berat jenis 0,54 dengan kelas awet IV – V dan kelas kuat III – II. Kayu ini kurang dipergunakan penduduk, meskipun dapat dimanfaatkan sebagai papan dan kaso bangunan peruroahan, pa­pan pengepak, dan mungkin baik untuk kayu lapis.
Kemenyan tumbuh di hutan primer campuran, teru­tama pada tanah yang subur, pada ketinggian 10- 1.500 meter di atas permukaan laut, tetapi pada umumnya di ketinggian 100 -700 meter di atas per­mukaan laut. Pohon kemenyan ditanam di Sumatra, Jawa, dan Kalimantan Barat. Bunganya berbentuk malai yang panjangnya sampai 11 sentimeter dan ha­rum baunya. Buahnya membulat pipih dan tidak me­rekah. Buah-buah ini dimakan babi dan rusa. Kemenyan juga merupakan bahan baku asam benzoat dan asam sinamat. Kemenyan biasa digunakan seba­gai obat perangsang ekspektoransia, dan obat luka. Sebagai bahan penyalut, bahan ini digunakan dalam industri vernis dan kosmetika.

ARTI KEMENYAN | ok-review | 4.5