ARTI KEMBAR DIZIGOTIK

By On Wednesday, April 16th, 2014 Categories : Kesehatan

ARTI KEMBAR DIZIGOTIK  – Suatu kehamilan kembar yang berasal dari dua telur. Pada manusia, umumnya kehamilan hanya berisi satu janin. Kadang-kadang sa­ja kandungan berisi dua janin yang berasal dari satu telur (monozigotik), atau dua telur (dizigotik).
Kembar dizigotik terjadi karena sekaligus dua tel dilepaskan, sedangkan biasanya hanya satu teh/ dilepaskan tiap bulannya, pada saat ovulasi. Kedua teIur tersebut kemudian dibuahi oleh dua spermatozoa. Dengan demikian kembar dizigotik dapat sama kela minnya dan dapat pula berbeda kelamin. Hal ini ber­beda dengan kembar monozigotik yang berasal dari satu telur yang dibuahi oleh satu spermatozoa. Hasil pembuahan ini kemudian akan membelah menjadi le­bih dari satu janin. Karena itu jenis kelamin kembar monozigotik selalu sama.
Kemungkinan terjadinya kembar dizigotik 2-3 kali lebih besar daripada kemungkinan terjadinya kembar monozigotik. Secara genetika hubungan ang­gota suatu pasangan kembar dizigotik adalah seperti hubungan antara saudara kandung. Kembar monozi­gotik mempunyai susunan genetik yang sama, sehing­ga masing-masing tampak seperti duplikat dari saudara kembarnya.

ARTI KEMBAR DIZIGOTIK | ok-review | 4.5