ARSITEKTUR DEKONSTRUKTIF

By On Thursday, February 6th, 2014 Categories : Psikologi

Para arsitek yang paling inovatif dan radikal saat ini telah pindah ke daerah ” arsitektur dekonstruktif . ” Istilah ” dekonstruksi ” diperkenalkan oleh filsuf Perancis Jacques Derrida . Inti dari dekonstruksi diidentifikasi sebagai pembacaan dekat teks . Untuk mendekonstruksi teks adalah untuk menarik logika bertentangan akal dan implikasinya dengan tujuan menunjukkan bahwa teks tidak pernah mengatakan apa artinya atau berarti apa yang dikatakannya . Gerakan dekonstruksionis akhir abad ke-20 terdiri dari sekelompok arsitek yang tujuan umum adalah untuk menjauh dari struktur kekakuan dan nilai oposisi dialektika ( misalnya , struktur vs dekorasi , abstraksi vs figurasi , atau tokoh vs ground ) . Tujuan dari deconstructivists adalah untuk mengeksplorasi tanah antara dan di dalam kategori ini .
Pada tahun 1988 , Philip Johnson , dekan gerakan modern sejak dekade kedua abad ini , sekali lagi menawarkan sebuah penghargaan tertinggi bagi gerakan arsitektur . Pameran Arsitektur dekonstruktif yang ia diselenggarakan untuk Museum of Modern Art di New York City pada tahun 1988 termasuk karya tujuh arsitek : Peter Eisenman , Bernard Tschumi , Frank Gehry , Daniel Liebeskind , Coop Himmmelbau , Zaha Hadid , dan Rem Koolhaas . Dasar untuk memilih tujuh ini adalah sesuai dengan definisi DEKONSTRUKSIVISME , yang menyatakan bahwa dekonstruksionis tidak membongkar bangunan tapi menemukan ” dilema yang melekat dalam bangunan . ”
Sehubungan dengan arsitektur dekonstruksionis , Philip Johnson menyatakan, ” Perubahan yang mengguncang mata seorang modernis tua seperti diriku adalah kontras antara gambar ‘ menyesatkan ‘ arsitektur dekonstruktif dan gambar ‘ murni’ dari International Style tua . ” pekerjaan dekonstruktif akan melibatkan referensi sebagai berikut :
1 . Kerja yang cenderung mendekatkan elemen visual dan tekstual , sehingga pertukaran interogatif kritis antara mereka
2 . Penampil / pembaca menemukan dirinya sendiri secara aktif decoding kendala sosial yang tersembunyi di dalam pekerjaan ( yaitu, dalam decoding apa konsep dan sejarah mereka tidak hanya negara tetapi menyembunyikan sebagai represi atau sok-sokan )
3 . Dekonstruksi mempertahankan jenis hubungan bermata dua dengan tema modernis dan teknik yang memungkinkan analisis dekonstruktif tanpa membalikkan konsep yang melekat dalam bentuk bangunan.
Singkatnya , makna dan kadang-kadang tujuan dari pekerjaan ini dapat direstrukturisasi untuk mengungkapkan taktik dan pesan yang tidak terlihat pada tampilan dangkal meskipun mereka jelas ada . Dorongan dekonstruktif dimaksudkan untuk mengganggu ilusi tentang kebenaran dan tentang politik kompleks yang bertanggung jawab untuk membangun dan dengan demikian untuk kerajinan dari dunia yang berbahaya . Perhatian serius terhadap realitas proyek arsitektur adalah ya daripada negatif. Penerapan teknik dekonstruktif bangunan dan arsitektur decoding penuh dengan masalah – salah satu yang berasal dari ketidakmampuan untuk memahami bahasa bentuk baik oleh arsitek atau oleh penonton . Namun, tidak ada set kode dan konvensi untuk melayani sebagai titik acuan utama untuk mengevaluasi pekerjaan baru .

ARSITEKTUR DEKONSTRUKTIF | ok-review | 4.5