TIPS MENJADI MODERATOR YANG BAIK DAN TUGAS MODERATOR

adsense-fallback

TIPS MENJADI MODERATOR YANG BAIK DAN TUGAS MODERATOR – Bisa dipandang bahwasanya pekerjaan seseorang moderator benar-benar berat. Di tangan moderatorlah terdapat berhasil atau tidaknya suatu diskusi. Berdasarkan tugas-tugas diatas, pada seseorang moderator atau pemimpin diskusi dituntut beberapa hal tersebut :

adsense-fallback

– Mempunyai perhatian yang penuh pada tema diskusi ;

– Mempunyai pengetahuan yang luas perihal tema diskusi ;

– Seorang pemimpin diskusi sebaiknya berwibawa serta tak memihak. Ia mesti bisa pelihara persahabatan pada sesama anggota serta pada anggota serta pemimpin hingga bisa menumbuhkan situasi akrab serta penuh kebebasan ;

– Pemimpin diskusi mesti bisa berikan pengarahan dengan pas serta berdasar teguh pada cara-metode serta segala teknik diskusi. Ia tak bisa kuasai semua jalannya diskusi serta tak berikan pendapat sendiri sebelum saat orang lain menyampaikan gagasannya.

– Seorang pemimpin diskusi mesti berlaku demokratis, berarti tak memihak serta bisa menumbuhkan gairah peserta untuk merampungkan diskusi.

– Seorang pemimpin diskusi mesti memiliki pandangan yang tajam perihal tema perbincangan hingga cepat tahu ke mana arah perbincangan.

– Harus bisa merangsang diskusi bila berlangsung kemacetan, la berupaya mendorong anggotanya jadi peserta yang aktil serta mendorong anggota yang kurang berani menyampaikan pendapat, umpamanya dengan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan sedemikian rupa hingga bisa menghidupkan diskusi, bukan sekedar membuahkan jawaban-jawaban.

– Pemimpin diskusi yang baik bakal hindari silat mengritik serta berupaya menolong anggotanya untuk menangani rasa takut dengan membe¬rikan sugesti atau penghargaan, bila butuh menumbuhkan kebanggaan egonya. Jauhi karakter mencela.

– Seorang pemimpin diskusi bisa memperingatkan anggota bila menyimpang dari pokok masalah. Karenanya pemimpin diskusi mesti berdasar pada kerangka serta maksud diskusi. Apabila diskusi sekalipun menyimpang dari pokok perbincangan, pemimpin diskusi dengan bijaksana mengarahkan kembali jalannya diskusi dengan berpedonan pada maksud.

– Membatasi anggota yang terlampau banyak bicara serta berikan sugesti pada anggota yg tidak ingin bicara. Ingindalian anggota yang banyak bicara ini bisa dikerjakan dengan meminta kepadanya untuk mempersingkat perbincangannya agar yang lain memperoleh peluang.

Dari sini bisa dipandang begitu berat pekerjaan seseorang moderator atau pemimpin diskusi. Agar bisa melakukan pekerjaan itu, seseorang pemimpin diskusi dituntut :

– Berkepribadian

– Mempunyai sensitivitas/kepekaan yang tinggi ( dapat tahu serta me¬rasakan)

– Bersimpati pada orang lain

– Tidak memihak

– Mempunyai rasa humor

– Berkemampuan memutuskan serta inteligen (cerdas)

– Mempunyai bakat bicara serta mendengarkan

– Bersikap ramah, sopan, serta terbuka.

Pemimpin diskusi mesti juga dapat membina jalinan diantara beberapa anggota diskusi. Tak hanya ketua, notulis bertugas mencatat jalannya diskusi serta menolong ketua menyimpulkan hasil diskusi. Dinamika serta kesibukan diskusi juga benar-benar ditetapkan oleh peserta atau anggota diskusi. Oleh karenanya, fungsi serta pekerjaan dan sikap peserta diskusi benar-benar memastikan. Agar bisa jadi peserta yang baik mesti di perhatikan beberapa hal tersebut :

– Menguasai persoalan yang didiskusikan. Hal semacam ini bisa dicapai dengan menyiapkan diri, umpamanya giat melengkapi bahan dengan pelajari berbagai sumber.

– Mendengarkan tiap-tiap pembicara dengan penuh perhatian.

– Menunjukkan solidaritas serta partisipasi yang tinggi. Sikap emosional serta berprasangka tak baik mesti dihindari.

– Dapat menangkap serta mencatat ide utama serta ide penunjang dari si pembicara.

– Dapat bikin sebagian usul serta sugesti, serta meminta pendapat serta info sebanyak-banyaknya.

– Mengajukan keberatan pada pendapat orang lain dengan menyampaikan alasantasi yang lebih memberikan keyakinan. Hal semacam ini tak bermakna menentang pendapat orang lain.

– Ikut menolong menyimpulkan hasil diskusi.

Dalam komunikasi dua arah, peserta diskusi bertindak untuk pembicara serta pendengar. Agar bisa jadi pembicara yang baik, mesti juga mencermati beberapa hal tersebut :

– Pendengar bakal lebih terangsang jika pembicara tahu benar apa yang dikatakannya.

– Pendengar bakal lebih simpati bila pembicara bisa memakai misal, angka, data, dsb.

– Untuk memperkuat alasannya, pembicara bisa memakai misal, angka, data, dsb.

– Berbicara mesti jelas serta terang. Ungkapan bhs yang jelas serta terang bakal mempermudah pendengar menangkap isi perbincangan.

– Hindari komentar yang terlalu berlebih supaya tak menyinggung perasaan.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback