TIPS MENGHADAPI ANAK SUKA BERBOHONG

adsense-fallback

TIPS MENGHADAPI ANAK SUKA BERBOHONG – Anak yang berusia kurang dari lima tahun kadangkala berbicara tidak sesuai dengan kenyataan yang nyata. Sebenarnya tidak ber­maksud untuk menipu orang lain. Karena masih berada dalam fase senang berkhayal maka anak cenderung membesar-besarkan kenyataan dengan bualannya. Kepada anak yang sering berkhayal perlu dijelaskan secara perlahan-lahan akan kenyataan yang sebe­narnya. Seringkah anak berbohong karena hanya mau meniru kebohong­an dari orangtuanya sendiri. Kadangkala tanpa sadar dalam berceritera orangtua menambah bumbu pada ceriteranya. Anak tentu saja mendengar dan mau meniru cara orangtuanya. Anak belum mampu membedakan isi ceritera yang sesungguhnya, dan tambahan yang tidak penting. Oleh karena itu orangtua perlu mawas diri. Bahkan tidak jarang orangtua minta bantuan anak untuk menipu orang lain. Misalnya dengan berpesan “Nak, kalau ada telpon dari tante, katakan saja bahwa mama sedang pergi?” Pada hal jelas, mama sedang tidur. Dengan demikian mama mengajarkan anaknya untuk berbohong.

adsense-fallback

Anak juga berbohong untuk mempertahankan diri dan menarik perhatian orang lain terhadap dirinya sendiri. Dengan berbohong, anak mau menghindafi”diri dari hukuman atau  supaya tidak diper­malukan di depan orang lain. Demikian juga karena merasa dirinya kurang diperhatikan oleh orangtua yang terlalu sibuk, anak berbo­hong untuk menarik perhatian. Anak berbohong juga untuk menutupi kekurangan pada dirinya sendiri. Untuk mendapatkan pujian dari orangtua dan guru, banyak anak sering melebih-lebihkan ceriteranya. Anak belum mau menerima diri seperti apa adanya.Supaya dapat mengatasi anak yang suka berbohong, orangtua perlu mencari sebab-sebab berbohong pada anak. Setelah mengetahui persoalannya, barulah secara perlahan-lahan membimbing dan men­dampingi anak untuk berbicara yang benar. Tentu saja contoh te­ladan kejujuran dari orangtua sendiri sangat diharapkan.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback