TIPS MENGENALKAN ANAK CARA BERDEMOKRASI

adsense-fallback

TIPS MENGENALKAN ANAK CARA BERDEMOKRASI – Dalam paham moderen, demokrasi didefinisikan sebagai pola pemerintahan yang mengikutsertakan secara aktif semua anggota masyarakat dalam keputusan yang diambil oleh mereka yang diberi wewenang. Rakyat memilih wakilnya secara bebas dan melalui wakilnya dipilih pemerintah eksekutif.

adsense-fallback

Dengan demokrasi, hak-hak azasi manusia dijamin. Semua warga negara mempunyai kedudukan yang sama di hadapan hukum dan pengadilan. Masyarakat mengakui kebebasan berkumpul dan hak untuk memberikan oposisi alternatif. Pemerintah dikontrol oleh wa­kil rakyat yang dipilih dengan bebas. Inti demokrasi adalah peranan aktif dari rakyat. Mentalitas demokratis memerlukan pendidikan dan latihan justru dimulai dari keluarga. Dengan teladan atau contoh, orangtua menanamkan kepada anak-anaknya sikap tanggung jawab, disiplin dan rasa setiakawan. Dalam keluarga perlu diciptakan suasana yang memungkinkan anak berani mengeluarkan pendapatnya secara bebas, kritis dan logis.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback