Advertisement

TIPS MEMILIH TOPIK ATAU TEMA DISKUSI YANG MENARIK

Sesudah grup terbentuk barulah dikerjakan persiapan-persiapan tersebut :

Advertisement

– Setiap grup menunjuk salah seseorang anggotanya jadi pemimpin diskusi atau moderator serta seseorang lagi untuk notulis.

– Menentukan tema yang bakal didiskusikan. Hal ini dapat juga diarahkan oleh pengajar, umpamanya pengajar memastikan rekanya, lalu setiap grup memastikan temanya. Dalam hal semacam ini ada dua kemungkinan. Pertama, dalam diskusi spontan yg tidak membutuhkan persiapan, tema perbincangan umumnya beberapa hal yang tengah hangat dibicarakan dalam orang-orang. Umpamanya : perihal banjir yang menempa ibu kota, perihal perampokan yang dibarengi pembunuhan, dan sebagainya. Dalam hal semacam ini bahan biasanya telah adalah pengetahuan umum siswa/mahasiswa. Lain perihal dengan diskusi yang membutuhkan persiapan. Dalam menentukan tema, mesti di perhatikan kriteria suatu tema, seperti yang dibicarakan dalam bab pada mulanya. Butuh diingat kembali kriteria suatu tema.

– Tidak terlampau asing untuk peserta diskusi, berarti telah di ketahui serba sedikit serta ada kemungkinan untuk beroleh bahan.

– Menarik untuk didiskusikan. Tema yang menarik bakal menyebabkan kegairahan peserta untuk berdiskusi. Ini adalah modal utama untuk grup untuk melibatkan pendengarnya. Tema bakal menarik apabila : menyangkut persoalan berbarengan, adalah jalan keluar dari persoalan yang tengah dihadapi memiliki kandungan konflik pendapat, tak melampaui daya tangkap anggota atau sebaliknya tak terlalu gampang, bisa dikerjakan kurun waktu spesifik.

– Topik janganlah terlampau luas. Bagaimana caranya memperoleh tema yang terbatas telah dibicarakan dalam bab pada mulanya.

– Topik sebaiknya berguna untuk didiskusikan hingga bisa menumbuhkan ketertarikan beberapa peserta.

– Kemudian tema yang diambil di setujui oleh seluruhnya anggota diskusi. Dalam hal semacam ini baiknya dimusyawarahkan.

– Merumuskan maksud yang akan dicapai sesuai sama dengan tema yang diambil. Penentuan maksud ini benar-benar utama lantaran bakal memastikan bahan yang diperlukan serta bagaimana juga kerangkanya, rentang hal semacam ini tekunilah kembali bab pada mulanya.

– Langkah setelah itu yaitu menghimpun bahan Tiap-tiap anggota mesti aktif mencari bahan. Bahan ini barangkali didapat lewat penilaian segera, barangkali dengan wawancara serta pada mulanya pasti seriap anggota telah mencari bahan dengan membaca buku, majalah, atau surat berita. Beragam sumber bisa jadikan untuk sumber info. Data ini juga baiknya dicatat dalam kartu info.

– Langkah selanjutnya yaitu membuat kerangka Kerangka adalah tema yang dipecah jadi sub-subtopik. Kerangka ini benar-benar butuh untuk dasar dalam bicara, hingga perbincangan bisa jadi teratur serta systematis.

Incoming search terms:

  • materi diskusi yang menarik
  • tema diskusi yang menarik
  • bahan diskusi yang menarik

Advertisement
Filed under : Review, tags:

Incoming search terms:

  • materi diskusi yang menarik
  • tema diskusi yang menarik
  • bahan diskusi yang menarik