Advertisement

Stratifikasi, Susunan Jenis-jenis Secara Vertikal, Ukuran kelimpahan tersebut di atas bergantung kepada en y eb a r an horizontal tumbuhan, tetapi setiap komunitas :umbuhan yang stabil mempunyai juga susunan vertikal atau stratifikasi jenis-jenis. Ini dapat dilukiskan dengan melihat struktur umum hutan hujan tropika. Pada pandangan pertama suatu hutan hujan tropika mungkin tampak seperti vegetasi Yang semerawut dan membingungkan di mana setiap ruang yang ada diisi dengan batang-batang dan daun-daun. Kesan ini cocok bagi pinggiran hutan di mana penyinaran yang kuat mengakibatkan ‘vegetasi tepi’ yang sangat lebat, tetapi bila bagian dalam hutan dapat dilihat dari pinggir (misalnya batas tepi hutan yang mendadak karena penebangan baru) akan terlihat bahwa hutan dapat dibagi menjadi lima lapisan (strata) atau lebih yang cukup jelas, yang secara konvensional diberi nama lapisan A sampai E.

  1. Lapisan pohon-pohon dengan tinggi lebih dari 30 m (lapisan A). Lapisan pohon ini membentuk kanopi yang lebih-kurang menerus, seperti terlihat dalam diagram profil ( 12.4), atau mungkin juga diwakili oleh pohon-pohon yang menyendiri dan mencuat (emergent) di atas kanopi umum.
  2. Lapisan pohon dengan tinggi sekitar 15-27 m (lapisan B) yang merupakan lapisan terlebat dan tidak sinambung dengan lapisan A. Dengan demikian, lapisan A dan B membentuk kanopi yang sangat lebat.
  3. Lapisan pohon-pohon kecil dengan tinggi sekitar 4-12 m (lapisan C). Banyak di antara pohon-pohon dalam lapisan ini adalah anakan jenis-jenis pohon yang mencapai lapisan A dan B bila telah dewasa, dan yang lainnya adalah pohon-pohon kecil yang mencirikan lapisan ini.

Di bawah lapisan-lapisan pohon, terdapat dua lapisan lain yang tidak di dalam diagram profil.

Advertisement
  1. Lapisan perdu yang tidak sinambung (lapisan D) yang terdiri bukan saja atas perdu-perdu tetapi juga pohon-pohon muda, terna tinggi, dan paku-pakuan besar. Tinggi rata-rata adalah sekitar 1-2 m.
  2. Lapisan permukaan tanah (lapisan E) yang biasanya terdiri atas terna dan perdu-perdu kecil yang jarang dengan tinggi kurang dari 1 m.

Stratifikasi vegetasi tidak hanya terbatas pada bagianbagian tumbuhan di atas tanah, tetapi dapat juga terjadi dalarn tanah. Jadi sistem akar jenis-jenis yang berbeda dapa: menempati dan mengambil air dan garam-garam mineral dar:. lapisan tanah yang berbeda pula. Sebagai hasil akhir clan fenomena stratifikasi ini adalah bahwa volume tanah dan udara yang dapat diisi oleh organ-organ tumbuhan lebih besa: daripada bila semua jenis hanya membentuk satu lapisan saja

Dalam hutan hujan tropika berbagai jenis, yang jumlahnva mungkin ratusan, hidup bersama-sama sebagai anggota sat.; komunitas. Semua anggota komunitas ini berinteraksi antara satu dan lainnya menurut berbagai cara. Sebagai misal, sejumlah tumbuhan saling bersaing langsung untuk memp.eroleh ruang hidup, air dan cahaya, sehingga akhirnya individuindividu tertentu mungkin mati. Persaingan seperti ini kuat sekali antara berbagai tumbuhan yang menempati lapisan yang sama, dan satu akibat stratifikasi adalah untuk mengurangi persaingan sekecil mungkin antara anggota-anggota lapisan yang berbeda. Meskipun demikian, selain persaingan, beberapa anggota komunitas menciptakan kondisi yang baik bagi pertumbuhan jenis-jenis lain. Jadi tumbuhan pemanjat dapat menggantung dari cabang-cabang pohon seperti tali-tali panjang, dan epifit (lumut, lumut hati, paku-pakuan, dan juga tumbuhan berbunga) dapat bertengker pada batang-batang dan cabang-cabang. Demikian pula banyak di antara jenisjenis terna tidak akan terdapat di hutan kecuali bila ada naungan yang diberikan oleh dedaunan dalam kanopi. Sebagai akibat dari interaksi persaingan dan ketergantungan antara tumbuhan yang berbeda, komunitas secara keseluruhan berfungsi sebagai sistem tunggal. Karena itu, perubahan yang mencolok dalam kelimpahan salah satu anggota komunitas mungkin mempunyai akibat yang jauh terhadap struktur komunitas secara keseluruhan.

Meskipun struktur komunitas ditunjukkan dengan sangat mencolok dalam hutan hujan, semua komunitas mempunyai struktur yang dapat dikenal dan bergantung kepada keaneka-ragaman ukuran dan bentuk jenis-jenis yang ada, kelimpahan nisbi dan susunannya dalam ruang. Stratifikasi sangat nyata dalam komunitas yang kompleks, tetapi dapat pula ditemu-kan dalam skala yang lebih kecil bahkan dalam komunitas yang tampaknya seragam seperti padang rumput.

 

 

 

Advertisement