Advertisement

Pimpinan Perguruan Tinggi

 Unsur-unsur yang membentuk perguruan tinggi adalah:

Advertisement
  • Pimpinan perguruan tinggi
  • Dewan penyantun – Tenaga pengajar

– Senat perguruan tinggi

  • Pelaksana akademis
  • Pelaksana administrasi – Penunjang

Pimpinan perguruan tinggi berbeda-beda sebutannya, untuk pimpinan universitas disebut Rektor. Dulu di Indonesia rektor disebut sebagai Presiden Universitas, sebagai contoh Prof. Dr. Sardjito adalah Presiden Universitas Gadjah Mada dan Prof. Bander Djohan adalah Presiden Universitas Indonesia. Pemimpin Akademi disebut Direktur, untuk Sekolah Tinggi dipimpin oleh Ketua, Politeknik dipimpin oleh Direktur.

Rektor dipilih oleh anggota senat perguruan tinggi diajukan kepada Menteri dan diangkat oleh Presiden. Untuk perguruan tinggi swasta, rektor diangkat oleh badan penyelenggara perguruan tersebut. Pimpinan ataupun anggota badan penyelenggara perguruan tinggi swasta tidak boleh merangkap menjadi rektor perguruan tersebut.

Di Amerika Serikat yang meniru tradisi Inggris, pimpinan college disebut president, pimpinan universitas yang dulunya disebut chancellor diganti dengan rector, sedangkan kata chancellor sendiri digunakan untuk sebutan pimpinan titular perguruan tinggi. Perubahan­perubahan sebutan pimpinan perguruan tinggi ini berjalan begitu saja, mula-mula pimpinan disebut master, kemudian president, setelah itu rector. Pernah di University of Pennsylvania chief officer disebut provost. Ada juga perguruan tinggi yang menyebut pimpinannya principal istilah yang biasanya digunakan untuk sebutan pimpinan sekolah.

 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dalam memilih pimpinannya, di tahun 2001 Institut Teknologi Bandung memilih pimpinan tertingginya melalui pengiklanan di media massa untuk mencari calon yang akan dipilih oleh Majelis Wali Amanat. Dalam pemilihan ini sudah ada pemikiran bahwa rektor perguruan tinggi tidak harus berasal dari perguruan tinggi itu sendiri.

Dewan penyantun diangkat oleh pimpinan perguruan tinggi, anggotanya terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat.

Senat perguruan tinggi merupakan badan normatif dan merupakan perwakilan tertinggi dari perguruan tinggi yang bersangkutan.

Anggota senat perguruan tinggi adalah :

  • Guru besar
  • Pimpinan perguruan tinggi
  • Dekan
  • Wakil dosen

Advertisement