SERIKAT DAGANG DAN MEREK DAGANG

19 views

TRADE MARK / MEREK DAGANG adalah suatu simbol (sebuah kata atau simbol) yang digunakan oleh sebuah perusahaan sebagai suatu alat untuk memperkenalkan suatu barang atau jasa tertentu, sehingga barang atau jasa tersebut dapat dibedakan oleh para pembeli dari barang dan jasa yang sama yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Lihat BRAND.
Di Inggris, di bawah Undang-undang Merek Dagang, 1938 dan Undang-undang (Amandemen) Merek Dagang, 1984, merek dagang dapat didaftarkan di KANTOR PATEN (PATENT OFFICE), untuk mendapatkan hak tunggal atas penggunaan merek tersebut.
Merek-merek dagang melindungi pemilik dari persaingan yang tidak sehat seperti pembajakan, dan merupakan suatu alat yang penting dalam mengembangkan keunggulan PEMBEDAAN (DIFFERENTIATION) atas pemasok-pemasok pesaing. Merek dagang juga memudahkan konsumen dalam mengenali produk pilihannya.
Lihat INTELECTUAL PROPERTY RIGHTS.

TRADE UNION / SERIKAT DAGANG adalah suatu organisasi yang mewakili kepentingan ekonomi dari ANGKATAN KERJA (LABOUR FORCE) . Serikat dagang mempunyai berbagai bentuk, misalnya:
(a) serikat dalam perusahaan : suatu serikat vang mewakili setiap lapisan tenaga kerja di dalam sebuah perusahaan. Serikat ini biasanya ada di Jepang.
(b) serikat keahlian : suatu serikat yang mewakili suatu kelompok pekeija vang mempunyai keahlian tertentu (contoh, tukang listrik, tukang ledeng) vang mungkin bekerja di berbagai industri yang berbeda. Serikat jenis ini biasanya terdapat di Inggris.
(c) serikat industri : suatu serikat yang mewakili setiap lapisan tenaga kerja di dalam sebuah industri. Jenis serikat ini biasanya terdapat di negara- negara masyarakat Eropa.
(d) serikat umum : suatu serikat yang mewakili pekerja yang tersebar luas tanpa memperhatikan pekerjaan atau industri. Serikat ini biasanya terdapat di Amerika Serikat dan Eropa, yang merupakan gabungan antara serikat keahlian dan serikat industri.
Tujuan utama serikat dagang adalah untuk melindungi dan mengutamakan kepentingan-kepentingan anggotanya, dengan merundingkan tingkat PEMBAYARAN (PAY) dan syarat-syarat pekerjaan (jumlah jam keija, alasan pemecatan, dan lain sebagainya). Dengan demikian, serikat ini mempunyai pengaruh yang penting terhadap harga tenaga keija dan biaya penawaran dalam industri-industri individual, dan juga, dalam konteks ekonomi makro yang lebih luas, terhadap dampak perubahan tingkat upah pada tingkat PENGANGGURAN ( UNEMPLOYMENT) dan tingkat INFLASI (INFLATION). Serikat-serikat dagang di Inggris dipimpin oleh para pejabat yang dipilih untuk bekerja secara penuh dengan bantuan wakil dari tempat pekerjaan.
Lihat LABOUR MARKET, COLLECTIVE BARGAINING, PHILLIPS CURVE, WORKER PARTICIPATION, INDUSTRIAL RELATIONS, INDUSTRIAL DISPUTE, EMPLOYMENT LAWS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *