Advertisement

Menurut Shaw & Costanzo (1970) ruang lingkup studi psikologi sosial dapat dibagi ke dalam tiga golongan besar sebagai berikut.

1. Pengaruh sosial terhadap proses individual. Yang termasuk dalam golongan ini antara lain adalah bagaimana kehadiran orang lain, keberadaan seseorang dalam kelompok tertentu atau norma-norma yang berlaku dalam suatu masyarakat mempengaruhi persepsi, motivasi, proses belajar,-sikap (attitude) . atau sifat (atribusi) seseorang.

Advertisement

2. Proses-proses individual bersama, seperti bahasa, sikap sosial, kepercayaan, prasangka, dan sebagainya yang terdapat pada sejumlah individu yang berada bersama-sama dalam suatu kelompok atau masyarakat.

3. Studi tentang interaksi kelompok. Dalam bidang ini dipelajari hal-hal yang berkaitan dengan hubungan individu baik dalam kelompok maupun antarkelompok, seperti kepemimpinan, komunikasi, hubungan kekuasaan, otoritas, konformitas, kerja sama, kompetisi, peran sosial, peran jenis kelamin, dan sebagainya.

Dalam praktiknya, penelitian-penelitian psikologi sosial memang mencakup ketiga golongan ruang lingkup tersebut. Sherif & Muzafer (1956), misalnya, membuat daftar penelitian psikologi sosial pada saat itu sebagai berikut. Sosialiasi bayi sampai dewasa (termasuk dalam golongan 1). Sistem klik, klub, manajemen, serikat buruh dan prasangka (termasuk dalam golongan 2) dan propoganda, segregasi (pemisahan kelompok) dan konflik antarkelompok (termasuk dalam golongan 3).

 

Advertisement