RANCANGAN PENELITIAN PSIKOLOGI SOSIAL

adsense-fallback

Di samping metode pengumpulan dan analisis data, rancangan penelitian dalam psikologi sosial juga tidak banyak berbeda dari yang biasa.digunakan.dalam psikologi umum dan cabang-cabang psikologi lainnya. Menurut Baron & Byrne. (1994) ada tiga macair, rancangan penelitian (research design) dalam psikologi sosial.

adsense-fallback

Rancangan Eksperimental

Rancangan ini menyimpulkan pengetahuan melalui intervensi (mempengaruhi, mengubah) terhadap variabel (pengubah) bebas dan terikat, dan kontrol terhadap sampel (kelompok contoh yang terdiri atas sej umlah responden y ang akan diteli ti). Misalnya; dua kelompok murid sekolah dari satu kelas yang sama diberi tugas yang sama sulitnya. Kelompok pertama diberi pujian oleh guru, sedangkan kelompok kedua didiamkan saja. Dapat dilihat dari hasilnya, apakah pujian guru dapat meningkatkan prestasi kelompok yang diberi pujian atau tidak. Rancangan ini biasanya menggunakan kontrol yang ketat terhadap semua variabel yang diteliti karena tujuannya adalah mencari hubungan sebab-akibat. Untuk itu digunakan hipotesis untuk mengendalikan penelitian. Akan tetapi, keterbatasan rancangan ini adalah tidak mudah digeneralisasikan dan tidak dapat dilakukan di sebarang tempat dan waktu.

Rancangan Korelasi

Melalui pengamatan sistematik dan dengan teknik statistika tertentu dapat dicari hubungan antara satu variabel dan variabel yang lain. Misalnya; perkelahian pelajar di Jakarta selalu terjadi di tempat-tempat tertentu, antara sekolah-sekolah tertentu dan pada waktu-waktu tertentu (di tengah-tengah semester). Studi ini dapat menjelaskan adanya hubungan antara tempat, sekolah, dan waktu dan perkelahian pelajar. Akan tetapi, ia tidak dapat menjelaskan apakah perkelahian itu disebabkan oleh salah satu atau ketiga variabel tersebut. Ini adalah kelemahan rancangan ini, sedangkan kelebihannya adalah bahwa rancangan ini relatif mudah dilaksanakan, dapat dilaksanakan langsung di lapangan, dan dapat digeneralisasikan.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback