PERKEMBANGAN MASA ANAK BESAR

adsense-fallback

PERKEMBANGAN MASA ANAK BESAR – Pada fase ini anak mulai memperoleh gigi-gigi baru dan mulai mempunyai proporsi tubuh yang cukup baik. Fase yang berlang­sung dari usia 3 sampai 6 tahun ini disebut fase oedipal. Ada pen­dapat yang mengatakan bahwa dalam fase ini bisa muncul kecende­rungan anak pria mencintai ibunya dan membenci ayahnya karena ayah dianggap sebagai saingannya (kompleks oedipus). Demikian pula anak perempuan cenderung mencintai ayahnya dan membenci ibunya (kompleks elektra). Anak mulai masuk ke sekolah Taman Kanak-kanak/berada di luar rumah, bergaul dengan teman-teman lain dan mengikuti pen­didikan yang diberikan oleh gurunya. Kadangkala terasa bahwa ia lebih mengikuti nasehat ibu gurunya di sekolah ketimbang nasehat yang diberikan oleh orangtuanya sendiri.

adsense-fallback

Daya khayal anak sangat mundur dan mengarah ke realitas. Ia bisa bekerja dan egosentrismenya mulai berkurang. Anak suka me­nanyakan sebab-sebab dari suatu gejala. Hendaknya orang tua menyediakan permainan-permainan yang khusus untuk anak pria dan anak wanita. Permainan itu hendaknya bersifat edukatif yang dapat memperkembangkan dirinya menjadi semakin pria atau semakin wanita. Permainan tersebut hendaknya- juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak. Antara usia 5 sampai 11 tahun disebut juga fase tersembunyi atau latency. Orangtua hendaknya memperbolehkan anaknya untuk bermain dan membuat permainan yang produktif. Anak memper­oleh perasaan gairah dan merasa bahwa ia mampu melakukan se­suatu. Pada tahap ini keluarga tidak lagi merupakan pusat dunia anak: Ia hidup dalam tiga dunia : keluarga, sekolah dan dunia teman sebaya. Ia belajar untuk menguasai ketrampilan dan prestasi terten­tu.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback