Advertisement

Berbicara tentang perguruan tinggi, penelitian, ataupun ilmu pengetahuan tidak bisa mengabaikan keberadaan dan pentingnya perpustakaan. Bahasa Inggris menyebutnya library, bahasa Belanda menyebutnya bibliotheek, sedangkan bahasa Arab menyebutnya khizanat al-kutub atau dar al-kutub. Perpustakaan adalah kumpuIan buku-buku yang tersimpan di suatu tempat tertentu milik suatu instansi tertentu. Jaman sekarang perpustakaan tidak hanya berisi buku, majalah ilmiah, journal, tetapi juga video,film, microfilm, kaset, piringan hitam, disket, CD ROM.

Bila di negara rnaju perpustakaan perguruan tinggi bisa berisi berjuta-juta buku di Indonesia masih ada perguruan tinggi yang tidak punya perpustakaan. Begitu juga masih banyak mahasiswa yang tidak pernah menggunakan fasilitas perpustakaan, selain tidak tahu bagaimana seharusnya bersikap bila berada di ruang perpustakaan.

Advertisement

Selama di ruang perpustakaan orang tidak boleh mengganggu pengguna-perpustakaan lainnya. Yang dimaksud mengganggu antara lain berkata keras, menarik kursi sehingga menimbulkan bunyi, keluar kentut sehingga ruangan tersebar bau busuk, terlambat mengembalikan buku, makan di ruangan perpustakaan, menulis atau mencoret buku perpustakaan, menyobek lembaran buku, hal ini merugikan pengguna/ peminjam buku yang lain.

Perpustakaan diatur bertingkat, ada perpustakaan bagian, perpustakaan fakultas, perpustakaan universitas. Penca•i referensi bila belum bisa menemukan refe•ensi masih bisa ke perpustakaan umum, perpustakaan nasional, dan sekarang bisa mencarinya melalui internet. Pejabat atau petugas perpustakaan berkewajiban membantu mencarikan referensi yang dibutuhkan dengan berkorespondensi dengan perpustakaan lain.

Di Oxford (Inggris) banyak perpustakaan yang telah berumur ratusan tahun, antara lain Perpustakaan Merton College yang dibangun pada tahun 1378, the Duke Humphrey Library yang dibangun tahun 1490, sedangkan the Bodleian Library pada tahun 1602. The Oxford University Library termasuk salah satu perpustakaan terbesar di dunia mempunyai lebih dari 4 juta buku. Perpustakaan yang terkenal di dunia adalah Library of Congress (LC) di Washington DC yang menyediakan koleksi bahan pustaka sebanyak lebih dari 86 juta. Library of Congress dan banyak perpustakaan nasional merupakan copy•ight library atau legal deposit library, yaitu perpustakaan yang selalu dikirimi setiap buku atau majalah yang baru terbit.

Perpustakaan harus diurus oleh pegawai yang mempunyai keahlian sebagai manajer perpustakaan, mereka melayani para ilmuwan dan calon ilmuwan mengenai kebutuhan data ilmiah. Oleh ka•ena martabatnya yang tinggi, Pimpinan Perpustakaan Nasional di Republik Indonesia diangkat langsung oleh Presiden / Pimpinan Negara.

Advertisement