Advertisement

Ialah unsur dengan nomor atom lebih besar daripada nomor atom uranium (92) dalam Daftar Berkala. Unsur-unsur itu adalah 93 neptunium (Np), 94 plutonium (Pu), 95 ameri- sium (Am), 96 kurium (Cm), 97 berkelium (Bk), 98 kalifornium (Cf), 99 einsteinium (Es), 100 fermium (Fm), 101 mendelevium (Md), 102 nobelium (No), 103 lawrensium (Lr), 104 ruterfordium (Rf) atau unil- kuadium (Unq), 105 hanium (Ha) atau unilpentium (Unp), 106 uniheksium (Unh), 107 unilheptium (?), 108 uniloktium (Uno), 109 unilnonium (Unn). Lihat UNSUR KIMIA.

Bila dilihat kulit atom atau awan elektronnya, di-lontarkan nama lain, yaitu deret aktinida. Deret ini mencakup unsur transuranium s/d no. 103, ditambah dengan uranium sendiri, dan aktinium (Ac, unsur no. 89) dan torium (Th, unsur no. 90), dan protaktinium (Pa, unsur no. 91). Dalam banyak hal unsur-unsur ini analog dengan unsur-unsur dalam deret lantanida (logam tanah-langka). Lihat AKTINIDA, DERET.

Advertisement

Unsur-unsur transuranium mempunyai kesamaan dalam arti tidak terdapat dalam alam karena sifat radioaktifnya sehingga dalam waktu singkat habis meluruh. Satu atau beberapa isotop unsur-unsur ini berhasil disintesis dengan menembaki inti atom besar dengan partikel yang juga semakin besar, menurut kemampuan dan kecanggihan peralatan manusia.

Neptunium dapat dibuat dalam beberapa cara. Yang paling sederhana adalah membiarkan uranium- 238 menangkap neutron dan memancarkan sinar beta. Diperoleh neptunium-239. Isotop ini pertama kali ditemukan oleh Edwin M. McMillan dan Philip H. Abelson dalam tahun 1940.

Unsur no. 95 dan 96 pertama kali diidentifikasi di Chicago oleh Albert Ghiorso, Ralph A. James, Leon O. Morgan dan Glenn T. Seaborg setelah Perang Dunia II. Unsur no. 97 s/d 103 ditemukan umumnya di Berkeley, Kalifornia, Amerika Serikat. Unsur no. 102 ditemukan juga oleh pakar Swedia di Stockholm dan mereka segera menamakan nobelium, untuk menghormati Alfred Nobel.

Mula-mula cara pembuatan unsur transuranium adalah dengan membiarkan unsur berat menangkap beberapa neutron secara berturut-turut, dengan setiap kali dibiarkan inti kompleks itu memancarkan partikel beta (elektron), sehingga nomor atomnya tiap kali naik satu. Namun karena inti buatan ini mudah sekali meluruh, makin lama makin habis inti besar sebagai sasaran. Sebagai alternatif digunakan inti atom yang lebih besar daripada hidrogen. Kation yang dipercepat berangsur-angsur akan kehilangan elektron, sehingga akhirnya hanya inti atomnya saja yang tertinggal. Demikianlah uranium-238 yang ditembaki dengan inti karbon-12 dapat menghasilkan langsung kalifornium-250.

Incoming search terms:

  • pembuatan unsur transuranium

Advertisement
Filed under : Teknologi, tags:

Incoming search terms:

  • pembuatan unsur transuranium