PENGERTIAN UNIVERSITAS TERBUKA

adsense-fallback

Merupakan perguruan tinggi negeri di Indonesia yang ke-45. Universitas Terbuka (UT)  diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 4 September 1984. Universitas ini adalah satu-satunya perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan proses perkuliahan berbentuk khusus, yakni melalui sistem kuliah jarak jauh dan belajar mandiri. Cara belajarnya mengandalkan bahan multi media. UT mengganti kuliah ceramah yang la- zim dipakai di perguruan tinggi biasa dengan kuliah tercetak dan kuliah terekam dengan memanfaatkan modul, buku teks, audio, serta film dan video. Dengan sistem ini, selain tak dibutuhkan ruang kelas untuk tatap muka juga tidak dibutuhkan jadwal kuliah bersama.

adsense-fallback

Tujuan pendirian UT adalah untuk memberi lebih banyak kesempatan kepada lulusan SLTA atau yang sederajat untuk belajar di perguruan tinggi, terlebih mereka yang tempat tinggalnya terpencil, jauh dari perguruan tinggi. Keberadaan UT juga menguntungkan bagi mereka yang bekerja atau yang tidak memiliki kesempatan kuliah pada perguruan tinggi swasta karena biayanya terlalu mahal. UT merupakan tempat belajar yang cukup fleksibel dengan biaya yang tidak tinggi. Karena sistem belajar mandiri, mahasiswa UT dapat memilih dan menetapkan sendiri saat registrasi, waktu belajar, jumlah jam belajar per minggu, cara belajar, dan waktu ujian. Programnya dapat disesuaikan dengan kemampuan intelektual seseorang. Bila mahasiswa menemui kesulitan pada saat belajar sendiri, UT menyediakan program tutorial, yakni program tatap muka untuk membantu mahasiswa memecahkan materi pelajaran yang tidak dapat diatasi sendiri. Ada tutorial tatap muka dengan dosen yang berasal dari universitas negeri setempat dan tutorial jarak jauh melalui surat, telepon, dan pesawat komunikasi SSB (single side band). Meskipun bobot mata kuliahnya dihitung berdasarkan sistem satuan kredit semester, UT tidak mengenal sistem kuartal atau semester.

Sistem belajar jarak jauh ini memanfaatkan jaringan pos di seluruh Indonesia. Penjualan formulir, pendaftaran, pembayaran uang kuliah termasuk pemesanan buku materi perkuliahan, biaya praktikum, dan ujian, serta segala kegiatan universitas ini dilakukan melalui Kantor Pos dan Giro. UT juga memanfaatkan TVRI, RRI dan radio siaran swasta niaga, surat kabar, serta media massa lainnya.

UT menyelenggarakan tiga macam program pendi-dikan, yakni program sarjana jenjang Strata-1, pro-gram diploma jenjangJ)iploma II dan Diploma III, serta program akta jenjang Akta I dan Akta IV. Hing-ga kini UT mempunyai 4 fakultas dan 24 program studi. Fakultas Ekonomi menyelenggarakan program studi S-l jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pemba-ngunan. serta Ilmu Manajemen.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menyelenggarakan program studi S-l jurusan Admi-nistrasi Negara, Administrasi Niaga, Administrasi Pembangunan, serta program studi diploma tiga jurusan Perpajakan. Fakultas ini juga menyelenggarakan program sertifikat untuk jurusan Studi Inggris, Paket Pengetahuan Teknologi Komputer dan informatika, serta Wira Usaha Mandiri.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menyelenggarakan program studi S-l jurusan Program Studi Statistika Terapan dan Matematika.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyelenggarakan program studi S-l dan Diploma II. Program Studi S-l terdapat pada jurusan Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Bahasa Inggris. Program Studi Diploma II untuk jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris. Pendidikan Matematika, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Moral Pancasila, Pendidikan Luar Sekolah, serta jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan.

Materi pokok perkuliahan mahasiswa UT sama dengan materi perkuliahan universitas-universitas negeri yang lain. Semua persyaratan akademik yang harus dipenuhi mahasiswa universitas negeri juga harus dipenuhi oleh mahasiswa UT. Yang berbeda hanya cara Fcmberian materi kepada para mahasiswanya. Karena itu ijazah dan status lulusan mahasiswa UT sama nilainya dengan yang diperoleh di perguruan tinggi negeri lainnya.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback