Advertisement

Universitas Terbuka atau Open University mulai diperkenalkan pada tahun 1966 di Buckinghamshire Inggris yaitu suatu pendidikan tinggi dengan metode pengajaran jarak jauh. Pendidikan ini ditujukan bagi mereka yang telah berumur lebih dari 21 tahun. Dengan berhasilnya universitas terbuka di Inggris ini rnaka saat ini banyak bermunculan perguruan tinggi yang mengupayakan belajar jarak jauh atau distance lea•ning.

Universitas Terbuka di Indonesia dimulai pada tahun 1984. Diresmikan berdasarkan Keputusan Presiden No. 41 Tahun 1984. Universitas Terbuka atau, disingkat menjadi UT adalah merupakan perguruan tinggi negeri.

Advertisement

 

Tujuan didirikannya UT

  • Memberi kesempatan bagi warga negara Indonesia, di mana pun ia bertempat tinggal untuk memperoleh pendidikan tinggi dengan kualitas baik.
  • Mengembangkan pelayanan pendidikan tinggi bagi mereka yang karena bekerja tidak dapat melanjutkan belajar di perguruan tinggi konvensional.
  • Mengembangkan program akademik dan profesional yang disesuaikan dengan kebutuhan nyata pembangunan, yang belum banyak dikembangkan oleh perguruan tinggi lain.

Universitas Terbuka bersifat “terbuka” yaitu tidak ada pembatasan umur peserta atau pendaftar, tahun terbitnya ijazah saat mendaftar juga tidak dibatasi, masa belajarnya tidak dibatasi, persyaratannya hanyalah peserta harus telah menyelesaikan pendidikan menengah.

Sistem belajar yang digunakan adalah sistem belajar “jarak jauh”, tidak secara tatap rnuka, menggunakan media cetak (modul), siaran televisi atau radio, komputer dan internet. Yang mutlak diperlukan agar bisa berhasil dalam mengikuti kegiatan UT adalah kemandirian mahasiswa. Mahasiswa harus bisa memahami apa yang dibacanya dari modul, apa yang didengar atau dilihat di media televisi, radio ataupun internet.

Walau namanya belajar jarak jauh namun ada juga mata kuliahnya yang mewajibkan praktikum. Begitu juga untuk pendidikan profesional ada kegiatan yang dinamakan Pernantapan Kemampuan Profesional.

 

Ujian

Di UT ada ujian yang dinamakan Tugas Mandiri yang dilakukan dengan cara mahaSiswa menjawab pertanyaan dari Naskah Tugas Mandiri. Jawaban ini harus dikirim kembali via pos ke Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ). Tugas Mandiri ini tidak memerlukan pengawasan.

Ujian Akhir Semester dilakukan secara serentak untuk seluruh Indonesia. Ujian ini di bawah pengawasan.

Ujian praktikum, beberapa mata kuliah mengharuskan mahasiswa melaksanakan praktikum

Ujian Pemantapan Kernampuan Profesional, beberapa program studi rnewajibkan mahasiswa mengikuti pemantapan kemampuan.

Ujian Komprehensif, dilaksanakan menjelang mahasiswa menyelesaikan studinya yaitu di tingkat sarjana.

Pelaksanakan ujian dilakukan dua kali dalam setahun akaderni dan hasil ujian diumumkan delapan minggu setelah ujian.

 

Program Studi

Universitas Terbuka mempunyai empat fakultas yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilrnu Politik (FISIP), dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Selain keempat fakultas tadi UT juga menyelenggarakan “Program Penyetaraan” D-II guru SD dan D-III guru SMP.

Universitas Terbuka di Negeri Belanda membuka’ tujuh subyek program studi yaitu ilmu hukum, ilmu ekonomi, Bussiness Adnzinistration and – Public Administration, Cultural Sciences, Technical Sciences, Natural Sciences. Universitas ini memberikan certz:Pcaat, diplonza-dossier, diploma dan degree.

Advertisement