Advertisement

Suatu benda yang dipakai sebagai bebat, biasanya untuk menekan pembuluh darah di atas luka yang mengeluarkan darah sangat banyak. Benda yang dipakai dapat berupa kain, karet, atau benda pipih lain yang lebarnya sekitar 5 sentimeter. Dianjurkan tidak memakai benda yang diperkirakan dapat menimbulkan luka baru sebagai turniket.

Turniket sangat diperlukan sebagai upaya pertolongan pertama pada luka yang banyak mengeluarkan darah dan membahayakan kehidupan. Dalam perjalanan mencari pertolongan medis, pemasangan turniket di atas bagian yang luka akan mampu membendung perdarahan ke luar dalam jumlah yang cukup banyak. Dengan demikian penderita mempunyai kesempatan lebih besar untuk diselamatkan.

Advertisement

Cara memasang turniket adalah dengan membebat- kannya dua kali dengan kuat tepat di bagian atas luka, namun dibuat agar pinggirannya tidak mengenai pinggiran luka. Bila perdarahan masih keluar, dapat dipakai bantuan tongkat yang diikatkan pada turniket, kemudian tongkat tersebut diputar sampai perdarahan terhenti.

Advertisement