PENGERTIAN TURMALIN

adsense-fallback

Mineral yang merupakan silikat kompleks dari boron dan aluminium dan mengandung beberapa logam lain dalam kuantitas kecil. Turmalin adalah AB.^AUtBO.^.^SiaOixXOH) dengan A ialah Na atau Ca, sedangkan B ialah Al, Fe, Li atau Mg. Dari turmalin dapat digosok batu hias yang agak mahal dan indah. Namun ciri utama turmalin adalah sifat pirolistrik dan piezolistriknya. Dalam skala Mohs turmalin bernilai antara 7 – 7,5; bobot jenisnya 3,0 – 3,5 dan sistem kristalnya heksagonal.

adsense-fallback

Umumnya kristal turmalin berbentuk prisma, dengan penampang lintang berupa segi tiga yang sisi-sisinya agak melengkung. Komposisi turmalin akan menentukan warnanya. Yang paling lazim, sklorit, berwarna hitam dengan kandungan besi yang tinggi. Paling langka adalah verietas dengan kandungan litium, yang biasanya berwarna muda (merah muda, hijau muda, biru muda dan kuning muda). Turmalin yang mengandung magnesium agak banyak dijumpai.

Warna turmalin ini kecokelatan. Turmalin yang benar-benar putih atau tak-berwarna sangat langka. Yang dijadikan batu hias biasanya adalah yang berwarna merah, biru dan hijau.

Turmalin biasanya terdapat dalam batuan beku kasar yang disebut pegmatit granit. Turmalin berada di situ bersama-sama mika, kuarsa, dan mikroklin. Negara penghasil turmalin antara lain adalah Brasil, Madagaskar, Mozambik, dan Rusia (Pegunungan Urai).

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback