PENGERTIAN TURI

adsense-fallback

Suatu jenis tanaman pekarangan, yang kadang-kadang ditanam juga di kebun, tegalan, atau pematang sawah. Tanaman ini berupa pohon yang tingginya sampai 10 meter. Permukaan pepagannya kasar, berlekah-lekah, dan mengeluarkan getah kemerahan yang dapat berubah kehitaman bila terpajan di udara terbuka. Daunnya majemuk menyirip genap dengan pinak daun 10-25 pasang. Bunganya putih atau merah tua. Panjang tangkai polongnya dapat mencapai 5 sentimeter; sedangkan polongnya sampai 25 sentimeter.

adsense-fallback

Turi merupakan tanaman asli Indonesia. Namun, kini pohon ini telah tersebar luas dan ditanam orang sebagai pohon pinggir jalan, penyubur tanah, bahkan tanaman hias, di Amerika Latin, Australia, dan Afrika Selatan. Turi termasuk pohon yang tumbuh cepat, sehingga dalam waktu satu tahun sudah menghasilkan bunga dan polong.

Hampir seluruh bagian tanaman ini dapat dimanfa-atkan. Kayunya digunakan sebagai bahan baku pabrik kertas, kayu bakar, dan arang. Serat yang terkandung dalam pepagannya dapat diolah dan dipintal menjadi benang untuk membuat jala. Daun dan ranting mudanya untuk pakan ternak di musim paceklik. Bunganya yang mengandung vitamin B sering dimasak sebagai sayur, campuran pecal, atau urap. Polong mudanya juga dapat dimanfaatkan sebagai sayur dan berasa mirip kacang panjang. Kadang-kadang biji turi dipakai sebagai pengganti kedelai dalam pembuatan tempe. Pepagannya bersifat tonik dan digunakan sebagai obat kuat dan antipiretik, penyembuh perut kembung, kolik, diare, dan kolera. Cairan daunnya, seperti juga batangnya, sering digunakan sebagai obat kumur pembersih mulut dan kerongkongan. Dalam jumlah kecil pepagannya digunakan sebagai obat disentri- dalam jumlah besar bersifat laksatif; sedangkan pemakaian dalam dosis terlalu tinggi dapat menyebabkan emetik. Tumbukan pepagannya berkhasiat sebagai obat kudis. Damarnya merupakan asiringen pemakaiannya dapat dalam bentuk tepung atau perasan. Getah tersebut mengandung beberapa zat pewarna seperti agatin, basorin, dan zantoagatin. Pepagan pohon turi digunakan oleh penduduk Pulau Karimunja- wa sebagai bahan pewarna tradisional. Orang India menganggap turi sangat berkhasiat karena semua bagian pohonnya dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit buta senja, karena mengandung banyak vitamin A.

Klasifikasi Ilmiah. Turi termasuk suku Fabaceae (kacang-kacangan); nama ilmiahnya Sesbania grandiflora.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback