Advertisement

Suatu jenis ikan yang tubuhnya mempunyai bentuk berbeda dengan jenis ikan pada umumnya. Tubuh ikan ini pipih dan kedua matanya terletak di sebelah kiri. Semula, pada saat telur baru menetas, ikan ini tampak serupa dengan benih ikan pada umumnya. Namun, beberapa hari kemudian, pertumbuhannya miring ke satu sisi. Sedikit demi sedikit mata kanannya bergerak melintasi kepala, sampai kedua matanya berada di bagian atas tubuh atau pada sisi kiri tubuh.

Seperti halnya mata, tengkorak ikan ini juga mengalami pemutaran ke arah atas. Bagian tubuh yang setelah masa pemutaran berubah menjadi bagian bawah akan kehilangan pigmen, sehingga berwarna putih, sedangkan yang menjadi bagian atas berwarna gelap.

Advertisement

Seperti ikan dasar lainnya, ikan turbot mempunyai kebiasaan unik, yaitu memendam atau mengubur diri dalam pasir atau lumpur sambil menunggu mangsa. Begitu ada mangsa lewat di depannya, dengan cepat ikan ini akan berenang untuk menangkap mangsa tersebut. Demikian pula jika dirasakan ada sesuatu yang m imbahayakan dirinya, ikan ini akan keluar dari tempe.t persembunyiannya dan berenang menghindar. Sama dengan ikan bertubuh pipih lainnya, turbot merupakan makanan yang lezat. Biasanya ikan ini ditangkap dengan menggunakan jaring, tombak, ataupun pancing.

Advertisement