PENGERTIAN TUNDRA

adsense-fallback

Salah satu bioma yang ditemukan di sekitar lingkaran Arktik (kutub utara), sebelah utara bioma taiga, lebih utara daripada 60 derajat Lintang Utara. Kawasan tundra di belahan bumi bagian selatan lebih sempit daripada di belahan bumi utara, yaitu hanya di beberapa kepulauan di lingkaran kutub Antartika. Selain itu, dengan adanya stratifikasi vertikal, bioma tundra juga dapat ditemukan di daerah tropis, yakni di zone Pegunungan Alpen; bioma ini disebut juga Alpen tundra.

adsense-fallback

Pada musim dingin, suhu di tundra hampir mencapai -57°C; sedangkan pada musim panas jarang di atas 15°C. Meskipun air di permukaan tanah mencair, namun ada lapisan tanah di bawah permukaan tanah yang selalu dalam keadaan beku, yang disebut permafrost. Tundra kutub dapat dikatakan tanpa kehidupan selama musim dingin yang panjang, gelap, dan sangat dingin. Aktivitas hidup tumbuhan terhenti, sedangkan hewan dapat bertahan hidup dengan menyembunyikan diri dalam lubang di bawah lapisan es dan salju, atau berpindah ke daerah yang beriklim lebih baik. Selama musim panas yang pendek, tumbuhan dan hewan tundra menjadi sangat produktif, karena dirangsang oleh siang hari yang panjang dan suhu yang hangat. Inilah ciri khas terpenting ekologi tundra, yaitu produktivitasnya singkat dan datang secara tiba-tiba, bergantung pada sejumlah jenis makhluk yang relatif kecil, dan musim berproduksi juga sangat singkat. Nilai produktivitas ini kadang-kadang jauh melewati batas tundra tersebut.

Tumbuhan dominan di tundra adalah lumut kerak (bentuk simbiosis antara jamur dan alga), rumput dan teki-tekian kutub, serta beberapa perdu kecil, terutama Salix sp. dan Vaccinium sp. Musim berbunga ditandai dengan berkembangnya bunga beraneka warna. Di bawah vegetasi terdapat lapisan tebal seperti bunga karang, yang terdiri atas bahan tumbuhan mati yang belum melapuk. Proses pelapukan sangat lamban disebabkan kegiatan metabolisme bakteri berlangsung lambat karena suhu rendah.

Komunitas satwa bersifat sederhana, hanya terdiri atas beberapa jenis burung, mamalia, dan serangga terbang. Jenis herbivora berukuran besar yang ditemukan di sini adalah rusa kutub (Rangifer tarandus), karibu (R. arcticus), dan sapi kasturi. Herbivora berukuran kecil mencakup kelinci salju (Lepus arcticus), tikus salju kecil (Lemmus sp.), dan tikus. Burung yang dominan antara lain suatu jenis ayam-ayaman (Lagopus lagopus), suatu jenis pipit (Calcarius sp.), dan burung hantu salju {Nyctea nyctea). Banyak burung air migran, seperti itik, angsa, dan burung pantai beramai-ramai datang ke tundra selama musim panas untuk bertelur. Jenis serangga yang populasinya melimpah adalah lalat, nyamuk, dan lalat hitam (Si- mulus sp.). Karnivora yang hidup di sini antara lain rubah Arktik, serigala, burung rajawali, dan burung elang.

Dari segi ekologi, bioma ini sangat berpotensi dan bermanfaat bagi manusia sebagai sumber daya hutan, sumber daya hewani, maupun persediaan air tawar. Untuk itu pengelolaan hutan di daerah ini perlu dilaksanakan dengan menerapkan prinsip teknologi ekologi hutan dan silvikultur modern, sehingga peranannya dan daya dukungnya tetap baik.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback