Advertisement

Suatu kelompok besar organisme hidup yang dalam klasifikasi organisme hidup dimasukkan dalam dunia (kingdom) tumbuhan. Tumbuhan mempunyai ciri-ciri yang membedakannya dengan hewan atau dunia lainnya, yaitu mampu membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis; mempunyai pertumbuhan tidak terbatas; tidak mempunyai alat gerak; mempunyai dinding sel kuat, karena mengandung selulosa; mempunyai kloroplas di dalam sel; inti sel jelas; dan tidak peka terhadap rangsang. Namun, di alam, tidak semua tumbuhan mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Misalnya ada tumbuhan yang tidak membuat makanan sendiri melalui fotosintesis, melainkan hidup sebagai parasit pada tumbuhan lain. Ada juga organisme yang memiliki salah satu sifat umum tumbuhan, namun tidak dimasukkan dalam dunia tumbuhan. Contohnya Euglena yang tergolong (‘unia Protista mempunyai butir-butir hijau daun (kloroplas).

Dunia tumbuhan terbagi atas dua divisio (filum), yakni divisio Bryophyta (tumbuhan tidak berpembuluh) dan divisio Tracheophyta (tumbuhan berpembuluh). Divisio Bryophyta terbagi atas dua kelas, yaitu kelas Hepaticae dan kelas Musci; sedangkan divisio Tracheophyta terdiri atas empat subdivisio, yakni Psilopsida, Lycopsida, Sphenopsida, dan Pteropsida. Subdivisio Pteropsida terbagi lagi atas kelas Filici- neae (paku-pakuan), kelas Gymnospermae (tumbuhan berbiji telanjang), dan kelas Angiospermae (tumbuhan berbunga).

Advertisement

Tumbuhan dapat dijumpai hampir di seluruh daerah di dunia, antara lain puncak gunung yang tinggi, laut, gurun, dan daerah lingkar kutub. Tumbuhan biasanya telah beradaptasi dengan lingkungannya. Contohnya tumbuhan yang hidup di gurun telah beradaptasi dengan kondisi kering dan panas; dan tumbuhan di daerah lingkar kutub sudah beradaptasi dengan suhu udara yang sangat dingin.

Advertisement