PENGERTIAN TULIP

adsense-fallback

Suatu jenis tanaman yang terkenal karena bunganya yang indah. Batang dan daun tulip tumbuh langsung dari umbinya. Batangnya tumbuh tegak dengan tinggi lebih dari 61 sentimeter, kecuali pada varietas yang kerdil sekitar 8 sentimeter. Daunnya berbentuk panjang dan sempit atau memanjang serta berwarna hijau kebiruan. Umumnya, bunganya tunggal, besar, berbentuk seperti bel, berwarna aneka ragam, dan muncul di ujung batang. Buahnya berisi banyak biji yang berbentuk pipih.

adsense-fallback

Tulip berasal dari Eropa Selatan, Asia, r’- Afrika Utara. Pada akhir paruh tahun 1500-an, tanaman ini dibawa ke Eropa dan segera menjadi populer. Begitu banyak orang yang tergila-gila dengan bunga ini, sehingga pada tahun 1634- 1537 muncul istilah tuliptomania. Kini, tulip tumbuh di banyak tempat di dunia. Meskipun demikian, bunga tulip selalu diasosiasikan dengan negeri Belanda.

Ada sekitar 100 jenis tulip, namun hanya sekitar 60 jenis yang dibudidayakan. Tanaman yang bernilai ekonomi tinggi ini mempunyai sekitar 4.000 varietas.

Tulip dikelompokkan berdasarkan waktu berbunga, bentuk bunga, dan ukuran tanaman; lalu kelompok ini dibagi lagi menurut warna bunga. Kini tulip menjadi salah satu industri penting di negeri Belanda.

Klasifikasi Ilmiah. Tulip termasuk suku Liiiaceae (bawang-bawangan;; nama ilmiahnya Tulipa :;p. Contoh jenisnya, antara lain, T. biflora, T. celsiana, dan T kaufmanniana.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback