PENGERTIAN TUKANG PANDE

adsense-fallback

Atau pandai besi, hidup dari pekerjaannya membuat berbagai benda yang terbuat dari besi. Mereka menempa besi untuk dijadikan alat pertanian seperti sabit, cangkul, mata bajak, dll. Mereka juga membuat alat-alat pertukangan seperti pahat, palu, sendok semen, dll.

adsense-fallback

Di Pulau Jawa, tempat kerja tukang pande disebut besalen. Di tempat itu tersedia berbagai peralatan, di antaranya bermacam palu, kikir, gurinda, pahat besi, perapian, dan alat penghembus angin yang disebut ububan. Seorang tukang pande pada umumnya dibantu oleh dua orang panjak yang bertugas memompa angin dan mengayunkan palu besar untuk menempa.

Pada jaman dulu, tukang pande yang berbakat seni dan tinggi ilmunya dapat menjadi empu pembuat keris atau tombak. Harga jual sebilah keris atau mata tombak jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sabit atau cangkul.

Kini kehidupan tukang pande tersaing oleh barang- barang hasil produksi pabrik. Sering kali cangkul, sabit, atau pisau buatan pabrik lebih murah harganya dibandingkan dengan buatan tukang pande.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback