PENGERTIAN TUKAN

adsense-fallback

Suatu kelompok burung yang hanya terdapat di Irian dan sekitarnya. Habitatnya hutan pegunungan. Burung ini bertubuh ramping. Burung jantan memiliki bulu hiasan berwarna lebih terang, sehingga dapat menarik perhatian burung betina. Ciri khas burung ini adalah kebiasaan burung jantan membuat sa ang di atas tanah dengan diameter sekitar 1-1,6 meter. Pada musim kembang biak, sarang ini diberi hiasan bunga dan buah-buahan hutan. Keistimewaan lainnya, burung jantan dapat meniru suara binatang lain di sekitar tempat tinggalnya. Jika sedang mendekati betinanya, burung jantan tampak menari-nari di sekitar sarang. Paruh dan kakinya tajam, berwarna cokelat. Kepalanya besar. Iris matanya kuning. Selama musim kembang biak, burung jantannya selalu berganti-ganti pasangan.

adsense-fallback

Di Indonesia ditemukan tiga jenis tukan.

Tukan Cokelat mempunyai bulu penutup tubuh bagian atas berwarna cokelat tua, sedangkan bagian bawahnya jingga. Bulu sayap dan ekornya berbentuk bulat. Panjang tubuhnya sekitar 26 sentimeter. Pakannya buah-buahan dan serangga besar. Daerah penyebarannya meliputi Pegunungan Huon, Adelbert, dan Bosavi, pada ketinggian 1.600-3.300 meter di atas permukaan laut, tetapi kadang-kadang dijumpai pula pada ketinggian di bawah 1.200 met-ey: di atas permukaan laut.    >%

Tukan Kadru mempunyai bulu penutup tubuh bagian atas berwarna kadru, sedangkan bagian bawahnya cokelat muda. Panjang tubuhnya sekitar 25 sentimeter. Burung jantan dan betinanya tidak dapat dibedakan. Daerah penyebarannya meliputi Pegunungan Arfak, Tamrau, dan Wandamen, pada ketinggian 1.000 – 2.000 meter di atas permukaan laut. Populasi-nya diketahui berasal dari Pegunungan Kumawa dan Fakfak.

Tukan Kuning mempunyai bulu penutup tubuh bagian atas cokelat tua, sedangkan bagian bawah cokelat muda. Panjang tubuhnya sekitar 24 sentimeter. Bulu mahkota burung jantannya yang berwarna jingga hampir menutupi seluruh kepala. Pakannya buah- buahan dan serangga besar. Daerah penyebarannya hanya Pegunungan Foya-dan Sungai Idenburg utara, pada ketinggian 1.000 – 2.000 meter di atas permukaan laut.

Klasifikasi Ilmiah. Tukan termasuk suku Ptilonorhynchi- dae. Nama ilmiah tukan cokelat adalah Amblyornis maegregoriae tukan kadru A. inornatus; dan tukan kuning A.flavifrons.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback