PENGERTIAN TUGO LURIK

adsense-fallback

Burung yang mempunyai kepala besar dan bulat, serta bentuk bidang wajah bundar seperti piring. Kedua matanya terletak di sisi yang sama. Matanya besar dan bulat. Struktur telinganya berbeda dengan struktur telinga burung lain. Karena itu, burung ini dapat menangkap suara yang oleh burung lain tidak terdengar. Paruhnya besar dan kuat. Kukunya panjang, tajam, dan melengkung; kuku ini berguna untuk mencengkeram. Di atas pangkal paruhnya terdapat semacam misai yang agak keras dan berwarna hitam; sedangkan di atas matanya terdapat semacam alis yang mencuat ke luar. Kakinya, sampai bagian tarsus, berbulu; jari kakinya berambut. Antara burung jantan dan burung betinanya sukar dibedakan; tubuh burung jantan berukuran lebih besar daripada burung betina. Jika dikepakkan, sayapnya yang panjang akan berbentuk agak membulat. Bulu penutup tubuh bagian atasnya berwarna hitam kecokelatan dengan garis putih pada setiap ujung bulu, sedangkan bulu penutup tubuh bagian bawahnya putih keabu-abuan dengan garis-garis hitam pada setiap bulu. Warna paruhnya kuning, iris matanya cokelat gelap, dan ka-kinya kuning pucat. Panjang tubuhnya sekitar 45 sentimeter.

adsense-fallback

Pakan tugo lurik tikus, ikan kecil, burung kecil, dan ular. Habitatnya daerah yang berair, rawa-rawa, dan hutan. Burung ini bersarang di lubang pohon besar. Burung betinanya bertelur 1 – 2 butir. Telurnya berwarna putih.

Musim berkembangbiaknya di Jawa Barat pada bulan Februari, sedangkan di Jawa Tengah bulan Mei. Daerah penyebarannya meliputi Jawa, Sumatra, Kalimantan, Tenasserim sebelah selatan, Thailand, dan Semenanjung Malaya.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback