PENGERTIAN TUDOR

adsense-fallback

Adalah dinasti raja Inggris yang berkuasa tahun 1485-1603. Wangsa ini dapat dilacak sampai pada abad ke-13 ketika mereka masih merupakan pejabat tingkat rendah di Wales.

adsense-fallback

Nama Tudor mulai menonjol pada awal abad ke-15 setelah Owen Tudor-yang ditarik ke istana Raja Henry VI – berhasil merebut hati Catherine of France, ibu suri raja, dan menikahinya. Dari perkawinan itu, mereka dianugerahi empat anak. Pada saai itu sedane berkecamuk perang saudara memperebutkan takhta Inggris antara pengikut Dinasti Lancaster dan Dinasti York yang dikenal dengan nama The War of the Roses. Dalam suatu pertempuran, Owen Tudor -yang berada di pihak Lancaster pimpinan Raja Henry VI _ tertangkap dan dibunuh orang York. Raja Henry VI kemudian mengangkat anak sulung Tudor, Edmund Tudor, sebagai Earl of Richmond (1430-1456) Edmund menikah dengan Margaret Beaufort, anak Duke of Somerset, cucu John of Gaunt, anak ketiga Raja Edward III. Anak mereka, Henry, yang lahir setelah Edmund meninggal dunia, dibawa lari ke Pe- rancis oleh pamannya, Jasper Tudor. Tindakan ini diambil menyusul kekalahan tentara Lancaster dan Raja Henry VI dari tentara York. Anak Raja Henry VI, pangeran Edward, gugur dalam pertempuran berikutnya, sedangkan Raja Henry VI dibunuh dalam tahanan.

Setelah tidak ada lagi keturunan Lancaster dari garis langsung, harapan pengikut Lancaster akan kelangsungan dinasti itu digantungkan pada Henry Tudor karena ibunya merupakan keturunan Raja Edward III. Tahun 1485 Henry mendarat di Wales bersama pasukannya. Ia berhasil menghancurkan pasukan York sekaligus menewaskan rajanya, Richard III. Henry Tudor kemudian mengawini Elizabeth, putri Edward IV, raja York sebelum Richard III. Setelah itu, berakhirlah The War of the Roses.

Henry memerintah sebagai Raja Tudor pertama dengan nama Raja Henry VII. Anaknya, Henry VIII, memutuskan hubungan dengan Gereja Katolik dan mendirikan gereja baru yang sampai sekarang menjadi gereja resmi Kerajaan Inggris. Dinasti Tudor berakhir pada Ratu Elizabeth I, anak Henry VIII, karena Ratu Elizabeth I tidak mempunyai keturunan.

 

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback