PENGERTIAN TUBUH

adsense-fallback

Atau batang tubuh, adalah bagian dari badan yang terdiri atas dada dan perut (dan panggul). Pada manusia dan hewan badan adalah bagian yang dibatasi oleh pangkal leher, ketiak kiri dan ketiak kanan serta selangkangan kiri dan selangkangan kanan. Badan manusia di bagian dalam terbagi menjadi dua rongga: yaitu rongga dada dan rongga perut. Kedua rongga tersebut dibatasi oleh otot yang disebut sekat rongga badan atau diafragma. Di dalam rongga dada terdapat kerongkongan (esofagus), tenggorokan (trakea) dan cabang-cabangnya, .paru-paru, jantung, dan batang nadi.

adsense-fallback

Dalam rongga perut terdapat hati, limpa, lambung, usus halus, usus besar, organ kelamin dalam serta kandung kencing. Karena pentingnya alat-alat ini, maka rongga dada dilindungi oleh tulang-tulang iga yang kuat dan rongga perut oleh otot yang kuat.

Tubuh berukuran panjang, sedang, dan pendek, serta berbentuk pipih, sedang, atau bulat (silindris). Panjang tubuh orang Jepang dapat mencapai 52 persen tinggi badan. Pada manusia, tubuh lebih pipih daripada hewan primata lainnya. Titik berat tubuh terletak pada tulang sakral kedua. Karena tubuh berdiri tegak, letak dinding perut menjadi vertikal, dan tidak horizontal. Tubuh menjadi panjang di antara dada dan panggul.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback