PENGERTIAN TRYPANOSOMA

adsense-fallback

Suatu kelompok Protozoa yang mempunyai bulu gerak (flagel), dan hidup dalam darah dan jaringan tubuh manusia. Ada tiga jenis yang menimbulkan penyakit pada manusia, yaitu Trypanosoma cruzi yang menimbulkan penyakit chagas, serta T. gambiense dan T. rhodesiense yang menyebabkan penyakit tidur. Kedua jenis yang terakhir tidak dapat dibedakan bentuknya.

adsense-fallback

T. gambiense juga ditemukan pada hewan peliharaan seperti sapi, babi, dan kambing, yang merupakan sumber infeksi untuk manusia. Jenis ini ditemukan di Afrika Tengah dan Barat yang merupakan daerah tropika. T. gambiense menyebabkan penyakit menahun, yang setelah setahun dapat menimbulkan kematian yang didahului oleh munculnya gejala otak. T. rhodesiense ditemukan pada binatang liar, yaitu antilop, di Afrika Timur. Penularan terjadi melalui gigitan lalat Glossina atau lalat tsetse, yang mengeluarkan bentuk infektif. Pada luka tusukan timbul benjolan yang menjadi borok dan disebut syanker tripanosoma. Parasit itu masuk darah, sehingga menimbulkan demam, lalu masuk pembuluh limfe dan menyerang kelenjar limfe, sehingga menyebabkan pembengkakan kelenjar yang sangat jelas di leher belakang. Gejala ini disebut gejala Winterbottom. Penderita juga mengalami pembesaran hati dan limpa. Parasit kemudian menyerang otak dan menyebabkan radang selaput otak, dengan gejala sakit kepala berat, kelainan motorik, apatis, mengantuk, tidur (sebetulnya koma), dan akhirnya m; ti. T. rhodiense sangat ganas dan menimbulkan penyakit akut yang dapat menyebabkan kematian sebelum timbul gejala otak.

Diagnosis ditegakkan dengan menemukan parasit dalam darah, cairan otak, kelenjar limfe, atau sumsum tulang, dan dengan melihat hasil tes serologi. Pengobatan pada stadium dini dapat berhasil baik. Pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari dan memberantas lalat tsetse.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback