Advertisement

Atau Dewan Perwalian, sebuah badan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang berkewajiban menyelenggarakan pemerintahan di daerah-daerah yang belum merdeka dan melakukan pengawasan atas daerah-daerah yang telah mengadakan perjanjian untuk menyerahkan urusan pemerintahannya kepada PBB. Menilik tugas pokoknya itu, Trusteeship Council pada dasarnya merupakan pengganti atau pengembangan dari Panitia Mandat Liga Bangsa-bangsa sebagai hasil Perjanjian Versailles. Oleh sebab itu, Trusteeship Council juga bertugas membimbing dan memajukan tingkat kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan pendidikan di daerah-daerah perwalian tersebut, agar daerah-daerah yang berada dalam perwalian dan pengawasannya itu dapat menentukan nasibnya sendiri.

Daerah yang dapat diletakkan di bawah pengawasan atau perwalian dewan ini, yang juga disebut daerah perwalian, daerah trustee, atau trust-territories adalah: (1) daerah-daerah mandat, daerah-daerah bekas jajahan Jerman dan Turki yang kalah dalam Perang Dunia I, yang sampai saat dibentuknya PBB belum mendapatkan kemerdekaan dan ditempatkan di bawah pengawasan negara-negara pemenang Perang Dunia I, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Italia, dan Jepang. Daerah-daerah itu terdiri atas bekas jajahan Jerman di Afrika, pulau-pulau di Lautan Pasifik serta beberapa bekas jajahan Turki di Asia Kecil; (2) daerah-daerah yang dipisahkan dari negara-negara yang kalah dalam Perang Dunia II; (3) daerah satu negara yang urusan pemerintahannya oleh negara yang bersangkutan secara sukarela diserahkan ke dalam sistem perwalian.

Advertisement

Dewan Perwalian sendiri terdiri atas: (1) negara- negara (anggota) yang mewakili negara penjajah. Mereka menduduki 50 persen dari kursi dewan ini; (2) lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB; (3) beberapa negara atau anggota yang dipilih oleh Majelis Umum PBB. Dalam rangka melakukan tugasnya itu, tiap anggota mempunyai satu suara, dan keputusan-keputusan diambil dengan jumlah suara terbanyak dari anggota yang hadir.

Incoming search terms:

  • pengertian trusteeship council

Advertisement
Filed under : Sosiologi, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian trusteeship council