Advertisement

Berkerabat dekat dengan ikan salmon, sehingga sifatnya pun sangat mirip. Misalnya, perilaku migrasi, perilaku perkembangbiakan, dan cara hidupnya hampir sama dengan ikan salmon (Lihat SALMON). Ikan ini juga bernilai ekonomi tinggi, sehingga sering ditangkap dalam jumlah besar.

Trout Pelangi mempunyai warna sangat bervariasi, sehingga berdasarkan pola warna, ikan ini pernah dibagi dalam 12 jenis atau lebih. Ciri khasnya ada garis berwarna pink yang memanjang dari tutup insang sampai sirip ekor, kecuali pada ikan yang berada di laut. Beratnya dapat mencapai lebih dari 10 kilogram. Berat ikan terbesar yang pernah tertangkap sekitar 21 kilogram.

Advertisement

Trout Emas berwarna emas atau kekuningan. Ciri khasnya ada tanda-tanda yang melintang pada sisi tubuh dan bintik-bintik hitam di kepala dan tubuh sebelah atas gurat sisi. Trout em^s berasal dari danau dan alur sungai Pegunungan Kalifornia. Berat rata-ratanya kurang dari 0,5 kilogram; berat ikan terbesar yang pernah ditangkap kurang lebih 5 kilogram.

Cutthroat Trout berciri khas segaris warna merah pada rahang bawah. Berat cutthroat trout yang kembali dari laut rata-rata kurang dari 0,5 kilogram; bobot ikan terbesar yang pernah ditangkap di Danau Pyramid, Nev ida, pada tahun 1925, sekitar 20 kilogram.

Ikan ini sangat populer di kalangan penggemar olahraga memancing. Hidupnya di daerah yang sama dengan trout pelangi.

Gila Trout mirip cutthroat trout, namun tidak memiliki gigi di belakang lidah. Ikan ini terbatas adanya di sungai-sungai New Mexico, yaitu di Gila dan San Fransisco. Karena itu, ikan ini dikhawatirkan akan punah.

Trout Cokelat mempunyai punggung berwarna ke-cokelatan yang berangsur-angsur menjadi kekuningan ke arah sisi. Sebagian tubuhnya ditutupi oleh bintik-bintik cokelat tua atau hitam. Ikan ini berasal dari Jerman dan Skotlandia. Beratnya umumnya kurang dari 0,5 kilogram. Bobot terbesar yang pernah ditangkap di Skotlandia sekitar 20 kilogram.

Brook Trout berciri khas tonjolan seperti cacing berwarna cerah pada bagian punggung dan sisi tubuh. Ikan ini sangat populer di kalangan penggemar memancing, karena jika terkail ikan ini akan berjuang keras melepaskan diri. Berat rata-ratanya kurang dari 0,23 kilogram. Ikan terbesar yang pernah ditangkap 7 kilogram.

Trout Danau berwarna kehijauan, keabuan, dan ke-cokelatan, kadang-kadang hitam dengan dihiasi bintik-bintik berwarna pink atau kuning. Lama hidup trout danau 35 – 40 tahun. Berat tubuh rata-rata kurang dari 5 kilogram, meskipun pernah juga ditangkap yang berbobot 45 kilogram.

Trout danau pernah memberikan sumbangan yang besar bagi usaha perikanan di Danau Great. Ketika itu, populasinya sangat melimpah, sehingga dalam setahun dapat menghasilkan sekitar 1 juta ton. Namun, usaha ini akhirnya musnah, karena adanya polusi dan pelumpuran, serta serangan parasit lamprey laut.

Klasifikasi Ilmiah. Nama ilmiah trout pelangi adalah Sal- mo gairdneri; trout emas S. aguabonita; cutthroat trout S. clarki; gila trout S. gilae; trout cokelat S. trutta; trout (Sal- velinus fontinalis); dan trout danau

Advertisement