PENGERTIAN TRITIUM

adsense-fallback

Radioisotop hidrogen. Bila inti hidrogen biasa adalah sebuah proton, inti tritium (triton) terdiri atas sebuah proton dan dua buah neutron. Isotop hidrogen yang lain adalah deuterium, yang intinya terdiri atas sebuah proton dan sebuah neutron. Ungkapan tersebut di atas adalah untuk memudahkan gagasan. Tentu saja sifat sebuah inti tritium tidak sama dengan sifat dua neutron plus satu proton.

adsense-fallback

Tritium ditemukan untuk pertama kalinya oleh Ernest Rutherford, Marcus L.E. Oliphant, dan Paul Har- teck tahun 1934, sebagai hasil transmutasi nuklir ketika senyawa deuterium dibom dengan deuteron berkecepatan tinggi. Reaksi: D + D —»T + p. Dewasa ini tritium dapat dibuat dengan membiarkan litium menangkap neutron di dalam sebuah reaktor nuklir.

6Li + n -> T + 4He.

Juga dapat dibuat dalam sebuah siklotron, bila inti berilium dibom dengan deuteron:

“Be + D 2 4He + T

Tritium bersifat radioaktif (waktu paro 12,46 tahun) dengan memancarkan elektron dan berubah menjadi helium-3. Intinya mempunyai spin 1/2 dan momen magnetik inti ini 2,9788 magneton nuklir.

Pada umumnya sifat senyawa tritium serupa dengan senyawa hidrogen biasa, namun beberapa sifat fisika dan reaktivitas kimianya berbeda. Perbedaan ini semata-mata karena intinya tiga kali lebih berat. Misalnya tritium mempunyai titik didih – 248,112°C (h’drogen – 252,77°C), titik beku -252,5°C (hidro- ge i -259,2°C), kalor penguapan 1392 joule/mol (hi- dregen 903,7 joule/mol).

Tritium dapat dilekatkan dalam suatu senyawa organik lewat reaksi hidrogenasi dan reaksi pertukaran yang lazim. Contoh: benzena —> bromobenzena —> fenilmagnesium bromida; bila reagen Grignard ini direaksikan dengan air yang mengandung tritium akan terbentuk kembali benzena dengan di sana-sini hidrogennya diganti oleh titrium. Cara lain ialah dengan reaksi radikal bebas dari inti tritium yang tersentak balik ketika terbentuk bila inti litium menangkap neutron. Garam litium dicampur baik-baik dengan zat yang akan ditempeli tritium. Campuran ini dimasukkan ke dalam reaktor nuklir. Di situ neutron termal akan mengubah inti litium menjadi inti tritium dan partikel alfa. Tritium dapat menempel ke dalam molekul zat tersebut dan partikel alfa mengikat dua elektron dan bebas sebagai atom helium-4.

Tritium digunakan untuk membuat bom hidrogen dan untuk berbagai eksperimen penandaan (labeling) dan perunutan {tracer). Kelak bila reaksi termonuklir sudah dapat dikendalikan, tritium akan merupakan bal m bakar untuk memperoleh energi listrik yang murah dan bersih.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

Incoming search terms:

  • pengertian tritium
  • definisi triticom aestivom

adsense-fallback